Menlu Tegaskan Tak Ada Niat Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

- Rabu, 16 Desember 2020 | 19:45 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (Photo/Dok. Kemenlu)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (Photo/Dok. Kemenlu)

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kembali menegaskan bahwa Indonesia tidak berencana dan tidak berniat untuk melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

“Mencermati sejumlah pemberitaan yang mengatakan bahwa Indonesia akan segera menormalisasi hubungan dengan Israel, dan sebagai tidak lanjut arahan Bapak Presiden kepada Menteri Luar Negeri, saya sampaikan hingga saat ini tidak ada niat Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel,” kata Retno, dilansir dari Antara, Rabu (16/12/2020).

Retno juga mengatakan bahwa Indonesia terus memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina dan berjuang memberikan bantuan kepada negara tersebut.

"Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan solusi dua negara (two-state solution) dan parameter internasional lain yang telah disepakati, secara konsisten akan tetap dijalankan," ujar dia.

Baca juga: Dukung Menlu Tolak Normalisasi Indonesia-Israel, MPR: Seluruh Penjajahan Harus Dihapuskan

Pemerintah Indonesia telah lama menyatakan dukungan tegas terhadap hak berdaulat Palestina, di tengah konflik panjang dengan Israel.

Pembelaan tersebut juga menjadi salah satu agenda Indonesia dalam kepemimpinan sebagai anggota tidak tetap di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

Di luar dukungan dari segi politis, Indonesia juga memberikan bantuan keuangan dan program pembangunan kapasitas sebagai bentuk solidaritas kepada Palestina.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X