Asisten Logistik Kapolri Apresiasi Polda Jambi Ambil Langkah Cegah Karhutla

- Jumat, 2 April 2021 | 10:13 WIB
 Aslog Kapolri, Irjen Pol Firman Shantyabudi didampingi Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo di lokasi sekat kanal di Muaro Jambi. (ANTARA/Nanang Mairiadi)
Aslog Kapolri, Irjen Pol Firman Shantyabudi didampingi Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo di lokasi sekat kanal di Muaro Jambi. (ANTARA/Nanang Mairiadi)

Asisten Logistik (Aslog) Kapolri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengapresiasi langkah yang diambil Polda Jambi dalam menindaklanjuti langkah-langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Mulai dari alat canggih pendeteksi karhutla digital hingga revitalisasi sekat kanal yang bertujuan untuk menjaga lahan agar tetap lembab dan basah selama musim kemarau," kata Firman Shantyabudi di Jambi, Kamis (1/4).

Aplikasi Asap Digital untuk mendeteksi dan mencegah kebakaran sebelum besar. Keuntungannya, petugas bisa datang lebih cepat dalam penanganannya lewat peralatan yang cukup lengkap itu.

Firman menjelaskan bahwa revitalisasi sekat kanal yang dilakukan Polda Jambi merupakan langkah lanjutan pencegahan karhutla agar tidak terjadi kebakaran. Sekat kanal ini dapat mengatur air supaya tidak hilang pada saat musim kemarau dan lahan tetap lembab dan basah.

"Sekat kanal ini diatur sedemikian rupa agar dapat menjaga kelembaban air di tanah yang paling rawan terbakar. Perbaikan sekat kanal merupakan langkah yang baik," katanya.

Selain itu, Firman menyampaikan beberapa minggu yang lalu di lokasi lahan terlihat kuning dan ada bekas hitam kebakaran yang terjadi sebelumnya terlihat gersang dan tidak ada penghuni sama sekali.

Namun setelah revitalisasi sekat kanal telah terisi air, lahan terlihat hijau dan petugas TNI-Polri, Polhut dan masyarakat turut berjaga di sekitar lahan tersebut.

"Lahan yang sebelumnya kering kini mulai tumbuh ekosistem beberapa tanaman dan harapan kita lahan ini kembali hijau dan basah," kata Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X