The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

100 Personil Brimob Jambi Terbang ke Papua, Siap Hadapi KKB
Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo saat melepas dan memberikan pengarahan kepada Personil Brimob Polda Jambi yang akan dikeberangkatkan untuk BKO ke Papua. (ANTARA/HO)
News

100 Personil Brimob Jambi Terbang ke Papua, Siap Hadapi KKB

Kapolda berpesan harus hati-hati.

Rabu, 17 Februari 2021 10:32 WIB 17 Februari 2021, 10:32 WIB

INDOZONE.ID - Sebanyak 100 personel Satuan Brimob Polda Jambi mendapat penugasan Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Papua. Seratus Personal Brimob itu diberangkatkan Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo melalui upacara pemberangkatan di Lapangan Makosat Brimob Polda Jambi.

Dikutip Antara, upacara dilaksanakan usai acara Rapim Polri tersebut dihadiri oleh Wakapolda Jambi Brigjen Pol Yudawan Roswinarso, Irwasda Polda Jambi, Pejabat Utama Polda Jambi dan Kapolresta Jambi, kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto.

Kapolda Jambi dalam arahannya memerintahkan kepada komandan kompi yang akan memimpin seluruh pasukan ke Papua, untuk tetap berhati-hati dan waspada.

"Hal yang perlu diatensi dalam pelaksanaan tugas di Papua adalah penghormatan terhadap hak azasi manusia," tegas Rachmad, Rabu (17/2/2021).

Baca Juga: Pesan untuk Warga Aceh: Jangan Takut Berlebihan terhadap Jarum!

Selain itu, Rachmad berpesan untuk memberi perhatian khusus terhadap nilai-nilai yang ada di masyarakat Papua, sebab nilai yang ada di Jambi dan nilai yang dilihat dari masyarakat di luar Indonesia itu berbeda.

"Ketika saudara melakukan penindakan terhadap sekelompok pemuda kemudian mereka dilucuti bajunya dan suruh jongkok itu saja menurut dunia internasional sudah masuk pelanggaran HAM," tuturnya. 

"Jadi saya mohon betul kepada saudara-saudara yang mendapat kesempatan untuk melaksanakan tugas ini agar melaksanakan dengan bijak segala tindakan yang akan saudara lakukan, pahami betul isu apa yang ada di sekitar saudara," sambung Kapolda Jambi.

Dia pun yakin, 100 personel Brimob Jambi yang berangkat ke Papua sudah memiliki kesiapan mental dan terampil. Sehingga, siap untuk bertugas di Papua.

"Saya yakin saudara sudah dilatih dipersiapkan baik fisik mental maupun keterampilan oleh Bapak Dansat dan Wadansat Brimob, jangan lengah dalam waktu enam bulan ke depan saudara-saudara berangkat utuh kembali utuh dan tidak ada yang terluka atau kurang apapun," ucap Rachmad.

Perlu diketahui, pasukan ini diberangkatkan dalam rangka pengamanan daerah rawan di bawah pimpinan Komandan Kompi Penugasan Iptu Robert C Purba, akan memimpin 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Penugasan Sat Brimob Polda Jambi.

Sebanyak 100 Personel Brimob Polda Jambi BKO Polda Papua ini akan melaksanakan tugas di wilayah Puncak Jaya. Mereka akan bertugas di sana selama enam bulan.

Di daerah Operasi, pasukan BKO akan melaksanakan tugas melaksanakan patroli dan pengamanan daerah rawan gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), melaksanakan penebalan di Polsek Polsek yang rawan gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata ataupun daerah rawan konflik sosial.

Di samping itu juga bertugas menjaga, memberikan rasa aman masyarakat dan menjamin situasi Kamtibmas yang kondusif.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US