Ada Emas di Sungai, Warga Kolaka Berebut Bagai Temukan Harta Karun

- Selasa, 9 Juni 2020 | 15:14 WIB
Kiri: Warga Kolaka yang menambang emas / Kanan: Serbuk emas, hasil dari proses pendulangan warga. (ANTARA/Azis Senong)
Kiri: Warga Kolaka yang menambang emas / Kanan: Serbuk emas, hasil dari proses pendulangan warga. (ANTARA/Azis Senong)

Warga yang berada di desa Desa Popalia, Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara digegerkan dengan penemuan emas dalam bentuk serbuk di Sungai Landaka, perbatasan Desa Pewisoa Jaya.

Penemuan harta berharga itu membuat warga sekitar dan warga dari kecamatan lain yang ada di Kabupaten Kolaka, mulai berdatangan untuk mendulang emas.

-
Warga Kolaka yang menambang emas. (ANTARA/Azis Senong) 

Dilansir dari ANTARA, aktivitas pendulangan emas secara tradisional itu sudah berlangsung sejak sebulan terakhir. Warga mencari emas dalam bentuk serbuk itu dengan memakai peralatan seadanya.

"Alhamdulillah, dalam sehari, bisa kami dapatkan emas dalam bentuk serbuk tiga kaca hingga lima kaca. Tergantung dari kerja keras dan keberuntungan," ucap Adnan (24 tahun) yang merupakan warga setempat.

-
Serbuk emas, hasil dari proses pendulangan warga. (ANTARA/Azis Senong)

Ada pula warga lain yang mencari emas dengan memakai wajan, sekopang dan karpet untuk alat penggali dan pelapis. Dalam satu hari, mereka bisa mendapatkan emas serbuk sebanyak tiga hingga tujuh gram.

"Ada juga yang menggunakan mesin, namun tidak sedikit yang datang hanya bermodalkan peralatan seadanya, demi untuk mendapatkan logam yang bernilai mahal tersebut," lanjut Adnan.

Menanggapi hal ini, Kepala Desa Popalia, Yusran membenarkan bahwa warganya telah menemukan kawasan yang menyerupai hutan kebun dan memiliki serbuk emas satu bulan yang lalu.

"Memang benar adanya penemuan emas yang didulang warganya sejak hampir satu bulan yang lalu, dan saat ini kawasan itu sudah mendapat penjagaan dari aparat setempat terdiri dari Polisi Pamongpraja maupun dari unsur TNI/Polri," jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X