Lama Tak Terdengar Kabarnya, Apa Kabar Proyek Sirkuit MotoGP Mandalika?

- Senin, 22 Februari 2021 | 10:49 WIB
Proyek Sirkuit Mandalika (Antara/Ahmad Subaidi)
Proyek Sirkuit Mandalika (Antara/Ahmad Subaidi)

Pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) sepanjang 4,31 kilometer yang bakal menjadi lintasan sirkuit MotoGP Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, sudah mencapai 58 persen.

"Saat ini progress pembangunan JKK telah mencapai 58 persen dan masih on schedule," kata Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro, dikutip dari Antara, Senin (22/2/2021).

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC sebagai BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, Lombok, berkomitmen terus mendorong percepatan pembangunan proyek JKK.

Hingga pertengahan bulan Februari 2021, pembangunan JKK secara keseluruhan telah mencapai 58 persen. Jalan Kawasan Khusus (JKK) dengan panjang lintasan 4,31 km ini salah satu fungsinya adalah sebagai venue pagelaran ajang balap motor IndonesianGP.

"Kami terus pantau dengan ketat proses pekerjaan proyek ini karena pekerjaan harus dilakukan dengan teliti dan presisi. Dan kami optimis proyek ini dapat berjalan lancar dan sesuai tenggat waktu dengan hasil final homologasi nanti dapat sesuai standar dari FIM," ujarnya.

-
Sejumlah pekerja sedang mengerjakan pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) sepanjang 4,31 kilometer di Mandalika (ITDC via Antara)

Kegiatan pembangunan saat ini antara lain persiapan Aspal AC-Base Track, pemasangan saluran Hauraton, pekerjaan Gravel Bed, Backfill Retaining Wall, penanaman rumput, dan pengaspalan service road sepanjang 1,8 km.

Selain itu, saat ini juga tengah dilakukan pemasangan concrete barrier, yakni pagar pembatas di sepanjang lintasan untuk menjaga motor dan melindungi penonton jika terjadi kecelakaan.

Perkembangan proyek JKK ini dilaporkan secara rutin kepada Dorna Sports oleh MGPA selaku penyelenggara ajang IndonesianGP.

"Kami harap proses homologasi (persetujuan sertifikasi) pada pertengahan tahun ini nantinya dapat berjalan dengan lancar dan balapan IndonesianGP dapat digelar tahun ini," ucap Bram.

Indonesian GP 2021 memang masuk dalam daftar cadangan kalender MotoGP 2021 yang rencananya digelar November mendatang.

Namun, Dorna belum memberikan kepastian mengingat sirkuit masih dalam tahap pengerjaan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X