Persembahan Medali Emas dari Edgar untuk Mendiang Ayah Tercinta
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
News

Persembahan Medali Emas dari Edgar untuk Mendiang Ayah Tercinta

Selasa, 03 Desember 2019 16:36 WIB 03 Desember 2019, 16:36 WIB

INDOZONE.ID - Atlet wushu dari Indonesia bernama Edgar Xavier Marvelo yang berhasil mendapatkan dua medali emas di SEA Games 2019, mendedikasikan kemenangannya untuk sang ayah yang baru saja meninggal.

Edgar mendapat kabar bahwa ayahnya telah meninggal dunia pada Selasa (3/12) lewat tengah malam. Sebelum ia berlaga di hari terakhirnya di nomor Taolu di World Trade Center, Manila, pada pagi harinya.

wushu
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Meski sedang berduka, Edgar tetap memberi yang terbaik untuk Indonesia, Edgar harus tampil lagi di nomor Duilian bersama Harris Horatius dan Seraf Naro Siregar, memperagakan nomor duel hingga akhirnya keluar sebagai juara.

Ketiganya berhasil mengumpulkan poin sebanyak 9,54 poin dari juri.

Sedangkan posisi kedua dipegang oleh atlet dari Brunei Darussalam dengan 9,50 poin. Disusul oleh Filipina dengan meraih 9,49 poin.

wushhu
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Ayah Edgar, Lo Tjhiang Meng diketahui sempat beberapa kali dirawat karena gangguan jantung. Edgar mengatakan bahwa sang ayah kerap memberinya nasihat untuk terus berjuang di cabang bela diri wushu.

"Kemarin di Shanghai papa pernah pesan. Waktu kejuaraan dunia kemarin papa juga masuk rumah sakit dan sempat melewati masa kritis," kata Edgar.

"Di sana papa pesan, apapun yang terjadi dengan papa aku enggak boleh berhenti wushu, harus terus melanjutkan wushu dan harus selalu ikut pertandingan yang ada dan saya hari ini hanya menjalankan apa yang papa pesan," lanjut Edgar sembari menitikkan air mata.

"Sebelum alat papa dilepas, ada juga ngomong sama papa kalau aku bakal melakukan ini untuk papa." sambung Edgar.

Pelatih kepala tim wushu Indonesia Novita pun terkesan dengan ketegaran Edgar jelang laga di hari terakhir mereka.

"Saya tanya kondisinya dan Edgar menyatakan siap. Sebelum pemanasan kami berpelukan dan bilang ke Edgar untuk melepaskan semua." kata Novita.

Dengan dua medali emas dari Edgar dan tambahan dua medali perak yang diraih Harris Horatius di nomor Nandao/Nangun dan Nanquan, Indonesia keluar sebagai juara umum wushu Taolu mengalahkan tuan rumah yang berada di peringkat dua dengan dua emas, satu perak dan dua perunggu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU