Dua Hal Ini Harus Dilakukan Untuk Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia
Ilustrasi kemiskinan (Pexels/Vincent Tan)
News

Dua Hal Ini Harus Dilakukan Untuk Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia

Memberikan kesempatan

Senin, 09 Desember 2019 11:19 WIB 09 Desember 2019, 11:19 WIB

INDOZONE.ID - Founder Center Of Reform On Economics (CORE) Indonesia Hendry Saparini menyebutkan, ada dua hal yang harus menjadi perhatian bagi pemerintah jika ingin mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelas miskin agar menjadi kelas menengah. 

Hendry Saparini, Founder CORE (Indozone/Sigit Nugroho)
Hendry Saparini, Founder CORE (Indozone/Sigit Nugroho)

Hendry menyebutkan, hal pertama yaitu menjamin pemenuhan kebutuhan dasar dan pelayanan dasar bagi masyarakat miskin yang tidak produktif secara ekonomi seperti anak-anak, orang tua dan juga kaum difable. 

"Orang-orang ini harus diberi jaminan pemenuhan kebutuhan dasar, terutama bagi mereka yang tidak memiliki penanggung jawab," ujar Hendri Saparini dalam diskusi Indonesia Poverty Outlook 2020 yang diselenggarakan Dompet Dhuafa di Jakarta, Senin (9/12). 

Kemudian hal kedua yang perlu dilakukan yakni bagaimana pemerintah harus memberikan kesempatan bekerja bagi masyarakat miskin dengan menciptakan lapangan pekerjaan yang layak secara aktif. 

Harus ada alokasi dana untuk penciptaan lapangan pekerjaan, kemudian menciptakan pasar barang dan jasa dan yang terakhir adalah menyiapkan dukungan modal, manajemen hingga teknologi. 

"Jadi, KUR itu harus dievaluasi, karena tidak menyentuh level terbawah. KUR itu harusnya disalurkan oleh lembaga non perbankan." imbuhnya. 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Indozone
Sigit Nugroho
Bela

Bela

Writer
Sigit Nugroho

Sigit Nugroho

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU