Sterilkan Lokasi Paparan Radioaktif, Batan: Tetap Tenang Ya!
Proses sterilisasi yang dilakukan Batan di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel. (Twitter/@humasbatan)
News

Sterilkan Lokasi Paparan Radioaktif, Batan: Tetap Tenang Ya!

Sebanyak 28 orang lakukan sterilisasi.

Minggu, 16 Februari 2020 15:56 WIB 16 Februari 2020, 15:56 WIB

INDOZONE.ID - Badan Pengawasan Tenaga Nuklir (Bapeten) menemukan adanya paparan radiasi radioaktif di daerah Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan. Radiasi tertinggi berlokasi di area tanah kosong di samping lapangan voli blok J.

Pasca penemuan, Bapeten bersama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) langsung terjun ke lokasi dan kini tengah melakukan setrilisasi dan pembersihan area atau 'Clean Up Arena.' 

Lewat akun Twitter resminya, @humasbatan, Batan pun meminta warga untuk tetap tenang atas penemuan radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong tersebut. 

"Tetap tenang ya.. BATAN bersama @bapetenRI lanjutkan tindakan clean up area terpapar #Radiasi di BATAN Indah," tweet @humasbatan.

Batan menjelaskan, tindakan clean up lanjutan yang berlangsung hari ini, Minggu (16/2) melibatkan sebanyak 28 orang yang terbagi menjadi empat kelompok.

Mekanisme pelaksanaan cleaning akan dilakukan secara bergantian tiap kelompok. Masing-masing kelompok hanya diperkenankan bekerja satu jam, kemudian bergantian dengan kelompok lainnya.

"Pergantian kelompok dalam melakukan clean up ini bertujuan untuk membatasi jumlah dosis radiasi yang diterima oleh pekerja supaya tidak melebih batas yang ditentukan. Hal ini untuk menjaga keselamatan para pekerja," jelas Batan mengutip dari laman resminya.

Hasil clean up dari tim di lapangan berhasil didapatkan sebanyak 27 drum yang berisi tanah yang diindikasikan terpapar.

Setelah selesai melakukan pekerjaan, dilakukan pemantauan dosis pekerja terhadap kelompok pertama. Dari pengukuran tersebut didapatkan dosis yang diterima pekerja antara dua sampai sepuluh mikrosievert. 

Ini artinya masih aman dari batas yang ditentukan untuk dosis pekerja radiasi yakni 80 mikrosievert.

"Pengukuran dosis #radiasi pekerja pasca clean up area terpapar radiasi di BATAN Indah, Tangsel. Dosis yg diterima pekerja antara 2 sampai 10 mikrosievert. Ini artinya masih aman dari batas yg ditentukan untuk dosis pekerja radiasi yakni 80 mikrosievert," cuit @humasbatan, lagi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Murti Ali Lingga
M Fadli

M Fadli

Writer
JOIN US