Sapuhi Apresiasi Respon Cepat Pemerintah Tangani Jemaah Gagal Umrah

- Jumat, 28 Februari 2020 | 10:15 WIB
Calon jemaah umrah asal Metro Bandar Lampung meninggalkan bandara untuk kembali ke rumah masing-masing usai mengetahui adanya pembatalan penerbangan dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Calon jemaah umrah asal Metro Bandar Lampung meninggalkan bandara untuk kembali ke rumah masing-masing usai mengetahui adanya pembatalan penerbangan dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Sarikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (Sapuhi) mengapresiasi respon cepat pemerintah dan para stakeholder lainnya, terkait penghentian sementara layanan umrah oleh pemerintah Arab Saudi, untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus corona (COVID-19) masuk ke Tanah Suci. 

Ketua Umum Sapuhi, Syam Resfiadi mengatakan, permasalahan jemaah yang menumpuk di bandara pada Kamis, 27 Februari 2020 kemarin, telah berhasil diselesaikan dan dipastikan para jemaah tersebut sudah kembali ke rumahnya masing-masing. 

-
Salah satu sudut kota Makkah, Arab Saudi (Unsplash.com/Haidan)

"Semua memang sudah diselesaikan dengan baik. Ya memang ini yang kami inginkan, pemerintah ikut ambil bagian, memberikan penjelasan kepada para jemaah, vendor dan lainnya," ujar Syam kepada Indozone, saat dihubungi pada Jumat (28/2/2020). 

Syam mengatakan, Sapuhi telah memberikan surat edaran kepada para anggotanya, dimana dalam surat tersebut terdapat poin-poin yang bisa menjadi pedoman dalam menyelesaikan permasalahan ini, agar seluruh pihak tidak merasa dirugikan. 

"Insya Allah sudah, para anggota sepemahaman dengan kami," tuturnya. 

Kemudian saat disinggung soal apakah ada permintaan refund dana umrah oleh para calon jemaah umrah yang gagal berangkat, Syam menjawab hingga saat ini semua masih satu suara, yaitu bagaimana agar kegiatan ibadah umrah tersebut dijadwalkan ulang. 

-
Kabah di Makkah, Arab Saudi (Unsplash.com/???? ??????????????)

"Refund (hingga kini) belum terjadi, semua masih kami arahkan untuk jadwal ulang, termasuk kepada para vendor," pungkasnya. 

Sebelumnya, saat melakukan peninjauan terhadap para jemaah umrah yang menumpuk di terminal 3 Bandara Soetta, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa ia telah diminta langsung oleh Presiden Jokowi, untuk membantu meyakinkan pihak maskapai agar mau menjadwalkan ulang kepergian umrah para jemaah, demi tidak menghilangkan hak-hak para jemaah, dan tidak merugikan seluruh pihak yang terdapat didalamnya. 

Menhub berjanji akan mencarikan solusi dan memastikan pihak maskapai untuk ikut bertanggung jawab memulangkan para jemaah umrah yang saat ini sudah terlanjur berada di Arab Saudi, agar mereka bisa kembali lagi ke Tanah Air dengan selamat.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X