Usai Berempati dengan Pasien Virus Corona, Paus Fransiskus Jatuh Sakit

- Jumat, 28 Februari 2020 | 18:07 WIB
Paus Fransiskus saat misa Rabu Abu di Roma, Italia, Rabu (26/2/2020). (REUTERS/Remo Casilli)
Paus Fransiskus saat misa Rabu Abu di Roma, Italia, Rabu (26/2/2020). (REUTERS/Remo Casilli)

Kesehatan Paus Fransiskus menurun beberapa waktu lalu. Hal tersebut membuatnya membatalkan acara Misa yang bakal digelar di Roma, Italia. 

Perisiwa itu terjadi selang dirinya menyatakan kepedulian terhadap pasien virus corona yang ada di Italia dan juga seluruh dunia.

Sakit yang dialami Fransiskus berusia 82 tahun itu membuatnya batal untuk datang ke acara Misa, yang ia rencanakan untuk dirayakan di Basilika Santo Yohanes Lateran, seberang kota bersama klerus Romawi. 

Fansiskus akan melanjutkan pekerjaannya yang bakal digelar pada hari Kamis. 

“Sepertinya ia akan menginap di dekat Santa Marta,” kata pejabat Vatikan. 

Pihak Vatikan pun belum merinci terkait penyakit yang diderita Paus Fransiscus. Namun terlihat pada sebuah foto, Paus tengah meniup hidungnya dengan kain putih dan sesekali terlihat batuk selama malam Rabu Abu. 

Sementara itu, 400 kasus virus Covid-19 telah dikonfirmasi di Italia, dan 12 orang telah meninggal dunia. Sebagian besar kasus telah dilaporkan di Italia utara.

Tiga kasus dilaporkan di Roma, tetapi masing-masing orang sudah pulih. Selama Audiensi Umum di Lapangan Santo Petrus di Rabu Abu, Paus menyatakan dukungannya untuk penderita virus corona.

"Saya ingin, sekali lagi, untuk mengungkapkan kedekatan saya dengan mereka yang sakit dengan virus corona dan kepada petugas kesehatan yang merawat mereka," katanya, menurut Vatikan News.

Fransiskus belum secara khusus bertemu dengan pasien virus Covid-19, tetapi berjabat tangan dengan umat di barisan depan selama audiensi dia lakukan. Paus juga mencium seorang bayi saat berputar mengitari Lapangan Santo Petrus dan menyambut para uskup yang berkunjung.

Tetapi anggota klerus tampaknya menahan diri untuk tidak mencium atau memeluk Paus Fransiskus seperti biasanya.


Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X