Kunjungan Jokowi ke Titik Lokasi IKN Baru Diapresiasi Kepala Daerah

- Rabu, 18 Desember 2019 | 05:46 WIB
Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud. (Indozone/Sigit Nugroho)
Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud. (Indozone/Sigit Nugroho)

Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke lokasi titik Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara mendapat apresiasi dari kepala daerah. 

Kunjungan Jokowi untuk meninjau calon lokasi IKN baru itu dianggap menunjukkan komitmen dan keseriusan pemerintah pusat untuk membangun IKN di wilayah tersebut.

Hal ini tentunya bakal membawa banyak manfaat untuk masyarakat Penajam Paser Utara dan Kalimantan Timur

"Ini adalah keseriusan pemerintah pusat, khususnya Bapak Presiden sendiri untuk perencanaan IKN yang ada di Penajam Paser Utara," ujar Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud kepada Indozone, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12).

Abdul Gafur memastikan, Penajam Paser Utara khususnya, dan Kalimantan Timur secara umum telah siap 100 persen untuk dijadikan sebagai lokasi IKN Baru.

Ia juga berharap, dengan penetapan IKN di wilayah tersebut, peradaban baru dan pola pikir masyarakat akan terbangun ke arah yang lebih baik.  

"Harapannya ekonomi dan peradaban bangsa kita itu semakin maju. Dan pemindahan ibu kota ini bukan hanya sekedar pemindahan ibu kota, tapi bagaimana kami yang ada di Indonesia Tengah dan Indonesia Timur ini mengalami kemajuan ekonomi, pendidikan dan kesejahteraan," katanya.

Adapun terkait ketersediaan infrastruktur dasar di wilayah Penajam Paser Utara, kata Abdul Gafur, secara umum juga sudah memadai, hanya kurang di beberapa bagian saja. 

"Kalau mendengar keluhan warga kami, (infrastruktur) yang paling utama (yang harus dibenahi) itu adalah infrastruktur jalan, kemudian mungkin kesehatan dan pendidikan, hanya itu," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Penajam Paser Utara, Haji John Kenedy mengatakan, pihaknya selalu mendukung pemerintah daerah dalam rangka persiapan IKN di wilayah tersebut.

Menurut John, persiapan yang tak kalah penting selain infrastruktur wilayah yaitu juga kesiapan mental masyarakat lokal dalam menerima pendatang baru yang akan bersama-sama membangun wilayah mereka. 

"Segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat, kami sudah bantu sosialisasikan. Alhamdulillah setelah kita ketemu dengan tokoh-tokoh masyarakat, maupun ketua adat di Kabupaten Penajam Paser Utara, semuanya mendukung keberadaan IKN di daerah ini," kata John. 

John juga menyampaikan aspirasi masyarakat lokal agar dalam pembangunan IKN baru kedepannya tidak melupakan unsur kearifan lokal. 

"Mereka (para ketua adat) meminta kepada pemerintah pusat bahwa kearifan lokal itu jangan ditinggalkan. Artinya masyarakat ini menerima saja keberadaan IKN tersebut," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X