Lucu & Menghibur, Ini Fakta Dibalik Pertunjukan Sirkus Hewan

- Rabu, 14 Agustus 2019 | 15:58 WIB
photo/Twitter/vanisimatupang
photo/Twitter/vanisimatupang

Kita mungkin pernah melihat berbagai pertunjukan sirkus hewan di beberapa wahana wisata, atau paling tidak pernah menontonnya di televisi. Melihat aksi para hewan saat menunjukkan kebolehannya kepada para penonton tentu sangat menggemaskan dan menghibur. 

Mulai dari atraksi lumba-lumba yang bisa bermain bola, beruang dan monyet yang bermain sepeda, gajah berdiri dengan sua kaki, atau mungkin harimau yang mampu melompati lingkaran api dengan selamat.

Namun, di balik aksi pintar mereka itu, nyatanya ada fakta mengerikan yang masih tidak diketahui banyak orang. Berikut ulasannya yang sudah dirangkum Indozone dari Twitter vanisimatupang, Minggu (11/8):

1. Dibalik Sirkus Topeng Monyet

Mungkin yang terbesit pertama kali di pikiran hampir setiap orang adalah lucu karena monyet beratraksi layaknya manusia. Tapi dibalik itu semua, monyet-monyet sirkus itu dilatih dengan cara tidak layak dan sangat menyedihkan. Mereka dipukul, digantung, bahkan ditempatkan di kandang sempit supaya tetap berdiri.

2. Dibalik Sirkus Lumba-Lumba

Sebelum tampil dalam sebuah pertunjukan sirkus, lumba-lumba diangkut dengan wadah sempit yang sangat menyiksa. Mereka dipindahkan dengan dijaring layaknya benda mati, dilatih dengan kekerasan, sengaja dibuat lapar supaya tetap nurut. Selain itu, kulit mereka hanya diolesi lotion, mentega, dan vaseline agar tetap lembab.

3. Dibalik Sirkus Gajah

Tak ubahnya dengan monyet dan lumba-lumba, sirkus gajah juga punya fakta mengerikan dibalik penampilannya yang menghibur. Gajah-gajah itu diperlakukan sangat kejam, dipaksa melakukan perintah dari si pelatih, bahkan mereka tidak diberi makan.

4. Dibalik Sirkus Singa dan Harimau

Kita pasti jarang terpikir bagaimana kehidupan hewan-hewan yang dipekerjakan dalam pentas sirkus. Seperti singa dan harimau, dua hewan buas ini dipaksa mengalahkan ketakutannya pada api. Beberapa bagian tajam di tubuh mereka seperti kuku dan taring harus diamputasi dengan paksa.

5. Dibalik Sirkus Beruang Madu

Beruang madu termasuk salah satu fauna yang belakangan ini mulai terancam punah. Meski demikian, di beberapa negara atau bahkan di lingkungan sekitar kita, beruang madu masih dipertontonkan dalam berbagai pertunjukan hiburan. Mereka dipindahtempatkan dari habitatnya, dilatih sedari kecil, dipaksa berjalan hanya dengan dua kaki. Tak jarang, ada banyak kasus beruang sirkus yang mati karena tidak dirawat dengan baik.

6. Dibalik Sirkus Anjing

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X