Jelang 17 Agustus, Ini 5 Tradisi Unik yang Dilakukan Masyarakat

- Senin, 12 Agustus 2019 | 12:05 WIB
ANTARA FOTO/Syaiful Arif
ANTARA FOTO/Syaiful Arif

Bagi bangsa Indonesia, bulan Agustus sangat berkesan dan istimewa. Ya, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945 menjadi sejarah ketika kemerdekaan Indonesia dikumandangkan oleh Presiden Soekarno. Karena itu, wajar saja jika masyarakat Indonesia melakukan sejumlah tradisi unik untuk menyambut hari bersejarah itu.

Apa saja ya kira-kira? Nah, dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Senin (12/8), berikut ini 5 tradisi unik yang dilakukan masyarakat menjelang perayaan 17 Agustus setiap tahunnya:

1. Panjat Pinang dan Tarik Tambang

-
ANTARA/Dodi Saputra

Untuk memeriahkan peringatan 17 Agustus, biasanya masyarakat menggelar berbagai perlombaan, mulai dari makan kerupuk, balap karung, mengambil belut, memasukkan paku dalam botol, dan lainnya. Selain itu, ada perlombaan yang sangat ditunggu-tunggu yaitu panjat pinang dan tarik tambang. Tentunya karena dua lomba ini sangat menantang dan dibutuhkan kekompakan antar tim.

2. Kerja Bakti 17-an

-
ANTARA/Dok. Polsek Sentani Timur

Jelang hari kemerdekaan, sejumlah warga beramai-ramai mengadakan kegiatan kerja bakti di lingkungan sekitar. Selain itu, berbagai pernak-pernik untuk 17 Agustus juga mulai dipasang seperti umbul-umbul di gapura desa, hiasan dengan nuansa merah putih.

3. Umbul-umbul dan Bendera Merah Putih

-
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Tradisi yang wajib dilakukan masyarakat adalah memasang umbul-umbul dan bendera merah putih di halaman depan rumah maupun perkantoran. Tak hanya itu, para pengendara motor juga memasang aksesori bendera merah putih berukuran kecil di bagian depannya.

4. Karnaval Kemerdekaan

-
ANTARA FOTO/Saiful Bahri

Ada banyak festival kemerdekaan yang akan digelar di berbagai daerah, mulai dari festival seni, budaya, kuliner, hingga pakaian adat istiadat. Festival ini sengaja dipersiapkan untuk masyarakat dan biasa dilaksanakan selama satu harian penuh.

5. Upacara Bendera

-
photo/Dok.Setkab RI

Nantinya, saat hari puncak kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2019, seluruh masyarakat Indonesia melaksanakan upacara bendera. Ini merupakan kegiatan sakral yang tidak boleh dilewatkan. Dalam upacara ini, masyarakat Indonesia akan mengheningkan cipta untuk mengenang perjuangan para pahlawan dan detik-detik kemerdekaan Indonesia dikumandangkan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X