Antisipasi Virus Corona, Jusuf Kalla Imbau Warga Jaga Sanitasi Masjid

- Kamis, 5 Maret 2020 | 16:04 WIB
Jusuf Kalla (ANTARANEWS/Ari Bowo Sucipto)
Jusuf Kalla (ANTARANEWS/Ari Bowo Sucipto)

Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI), Jusuf Kalla mengimbau masyarakat untuk menjaga sanitasi masjid dan musalla. Tujuannya sebagai langkah preventif untuk menangkal virus corona.

Hal itu disampaikan melalui surat edaran nomor 041/PP-DMI/A/II/2020 pada Senin, 2 Maret 2020.

"Mengimbau seluruh jajaran pimpinan wilayah, daerah, cabang dan ranting untuk melakukan langkah sanitasi siaga bersama DKM dan Takmir Masjid atau Mushalla," ucap Jusuf Kalla dalam rilis surat ynag diterima Indozone, Kamis, (5/3/2020).

Ada 6 langkah sanitasi siaga dalam diimbauan DMI tersebut. Pertama, teratur menjaga kebersihan lantai masjid atau mushalla dengan cairan disinfectant.

Kedua, menjaga kebersihan karpet dan alas salat lainnya dengan rutin/konsisten (penggunaan vacuum cleaner atau alat pembersih lainnya sangat dianjur).

Ketiga, menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan disinfectant.

Keempat, DMI mengimbau para jamaah shalat agar membawa sajadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing.

Kelima, meminta para jamaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu/salesma agar melaksanakan salat di rumah hingga sembuh.

Keenam,  DMI juga mengimbau jajaran di bawahnya untuk ikut mengawasi penyebaran/penularan virus corona dan melakukan upaya tanggap dan melaporkan jika ada warga masyarakat dicurigai terdampak virus corona, khususnya di sekitar masjid/mushalla. 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X