Presiden Jokowi: Selama Pegang Presidensi G20, Indonesia Terus Upayakan Solusi Terbaik

- Rabu, 16 November 2022 | 19:16 WIB
Presiden Jokowi. (Tangkapan layar YouTube sekretariat kabinet)
Presiden Jokowi. (Tangkapan layar YouTube sekretariat kabinet)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, selama memegang presidensi, Indonesia terus mengupayakan solusi terbaik. Sehingga akhirnya, KTT G20 berhasil menghasilkan deklarasi bersama.

Hal tersebut dikatakannya saat menyampaikan pidato  secara resmi menutup rangkaian Presidensi G20 Indonesia, di Hotel The Apurva Kempinski, Bali, Rabu (16/11/2022).

“Alhamdullilah, hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders Declarations ini adalah dekralasi pertama yang bisa diwujudkan sejak Februari 2022,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Bicara Keamanan Digital di KTT G20, Jokowi: Kebocoran Data Bikin Rugi 5 Triliun Dolar AS

Presiden Jokowi pun menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran para pemimpin negara dan delegasi yang telah memberikan flesksibilitasnya sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menuturkan,  Presidensi Indonesia juga menghasilkan hasil kerja konkret. Adapun hasil kerja tersebut berisi daftar proyek kerja sama negara anggota G20 dan undangan. 

“Proyek kerja sama ini yang akan membantu membumikan kerja G20 lebih dekat dengan rakyat. Memastikan G20 bermanfaat tidak saja untuk anggotanya, tetapi juga bagi dunia, dan utamanya Negara-negara berkembang. Let us recover together, recover stronger,” ungkap Presiden Jokowi. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X