KTT G20: Kapolri Sebut Persiapan Personel terkait Pengamanan Berjalan Baik

- Sabtu, 12 November 2022 | 18:07 WIB
Polisi berkuda mengamankan area penyelenggaraan KTT G20 (Antara/Zabur Karuru)
Polisi berkuda mengamankan area penyelenggaraan KTT G20 (Antara/Zabur Karuru)

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan berlangsung di Bali pada 15 dan 16 November 2022. Jelang bergulirnya acara akbar itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, persiapan personel pengamanan dan peralatan untuk KTT G20 sudah tergelar dengan baik.  

“Semuanya tergelar dengan baik,” kata Sigit dalam keterangan yang diterima di Jakarta, INDOZONE melansir dari Antara, Sabtu (12/11/2022).

Sigit kembali melakukan peninjauan langsung terhadap kesiapan personel pengamanan KTT G20 agar berjalan dengan aman dan lancar.

-
Polisi mengamankan area penyelenggaraan KTT G20 (Antara/Zabur Karuru)

Baca Juga: Kemendagri-Polri Kerja Sama Terapkan Face Recognition di KTT G20

“Baru saja kita meninjau salah satu titik posko yang disiapkan di dekat Apurva untuk mengecek kesiapan peralatan dan anggota yang ada,” ungkap Sigit.

Kapolri memastikan, seluruh peralatan digunakan untuk menghadapi situasi terkait dengan bencana, mulai dari peralatan SAR di laut, darat, dan udara maupun potensi ancaman bom dapat dioperasionalkan.

“Tadi, kita cek satu-satu, peralatan kita sudah siap, baik mulai dari alat pendeteksi, alat untuk melaksanakan evakuasi, dan alat untuk penghancuran (bom) atau explosive,” ujar Kapolri.

Personel pengamanan yang disiagakan, kata Sigit, telah siap menghadapi kondisi kerusuhan. Oleh karena itu, mantan Kapolda Banten ini meminta personel terus menerus berlatih, baik menjalankan tugas pengamanan maupun mengoperasionalkan peralatan.

“Agar pada saatnya dalam waktu cepat mereka semua bisa bergerak dan melakukan tugas-tugas sesuai dengan apa yang menjadi tantangan dan ancaman tugas,” ucap Sigit.

Selain itu, Kapolri menyampaikan, bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah mobil yang dilengkapi dengan alat pendeteksi benda-benda berbahaya. Menurutnya, ada pula mobil escape yang disiapkan. Sigit memastikan, seluruh rute yang akan dilewati delegasi dan tamu VVIP KTT G20 akan diamankan dengan maksimal.

Baca Juga: Dongkrak Kunjungan Wisman, BRI Berikan Fasilitas Pembayaran Online dalam e-Visa

“Saya kira ini menjadi satu optimisme, bahwa pengamanan rangkaian pelaksanaan KTT G20 yang akan dilaksanakan TNI-Polri semuanya dalam posisi siap melaksanakan tugas,” pungkas Sigit.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X