The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Soal Pergantian Panglima TNI akan Dibahas Usai Perhelatan KTT G20
Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
News

Soal Pergantian Panglima TNI akan Dibahas Usai Perhelatan KTT G20

Soal Pergantian Panglima TNI akan Dibahas Usai Perhelatan KTT G20

Sabtu, 12 November 2022 09:41 WIB 12 November 2022, 09:41 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi menegaskan pembahasan pergantian Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun, kemungkinan dilakukan setelah perhelatan KTT G20 di Bali.

Hal tersebut diungkap Bobby saat menjadi narasumber melalui aplikasi zoom yang di selenggarakan oleh Total Politik, Jumat (11/11/2022). Bobby menjelaskan saat ini belum ada surat penugasan dari Badan Musyawarah DPR RI untuk membahas pergantian Panglima TNI.

"Belum ada surat masuk untuk pergantian dan kami akan reses pada 16 Desember 2022," kata Bobby.

Bobby memahami alasan Pemerintah belum mengurimkan surat pergantian Panglima TNI kepada DPR RI. Karena masih fokus dalam persiapan KTT G20 mendatang.

"Kami memahami karena sekarang persiapan G20, jadi tidak mengharapkan adanya pergantian. (Sehingga) Kami menaksir setelah G20 (Pembahasan Panglima TNI)," sambung Bobby.

Kendati demikian, Bobby tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai isu yang beredar soal adanya pengisian Wakil Penglima TNI.

"Apakah nanti itu langsung Panglima TNI saja atau bersama Wakil Panglima TNI. Tetapi biasanya yang dikirim pemerintah itu kan satu nama. Yang satu nama ini yang kami bahas sehingga bisa diparipurnakan sebelum 21 Desember,” sebutnya.

Baca Juga: Jelang KTT G20 di Bali, Polri Bakal Gelar Latihan Pengamanan Berhari-hari

Perlu dikertahui Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, akan segera memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022 mendatang. Selain itu Presiden Joko Widodo telah menegaskan sedang mempersiapkan penggati untuk menggantikan posisi Panglima TNI yang sebentra lagi akan memasuki masa pensiun.

"Segera, segera kita siapkan penggantinya,” ujar Presiden Joko Widodo di Jakarta Pusat, Senin (7/11/2022).

Selain itu Jokowi mengatakan, nama calon pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan dipilih dari salah satu dari tiga kepala staf TNI.

Baca Juga: Purn TNI Soleman Pertanyakan Sikap Jokowi yang Gak Pernah Pilih TNI AL Sebagai Panglima

"Sudah semua di kantong, kan memang harus dari kepala staf yang ada, nanti segera dipilih," sambung Presiden Jokowi.

Diketahui, tiga kepala staf yang kini tengah menjabat yakni Jenderal Dudung Abdurachman (KSAD), Laksamana Yudo Margono (KSAL), dan Marsekal Fadjar Prasetyo (KSAU).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US