Ini Alasan Polda Metro Tetapkan Mahasiswa UI Tersangka Kasus Kecelakaan di Jaksel

- Jumat, 27 Januari 2023 | 13:42 WIB
Kecelakaan (ANTARA)
Kecelakaan (ANTARA)

Polda Metro Jaya menjelaskan, alasan pihaknya menetapkan Muhammad Hasya Atallah, mahasiswa Universitas Indonesia (UI), sebagai tersangka usai tewas karena kecelakaan yang melibatkan pensiunan polisi. Penetapan status tersangka karena Hasya dinilai lalai saat mengendarai motor.

"Jadi gini, penyebab terjadinya kecelakaan ini si korban sendiri. Kenapa dijadikan tersangka? Dia kan yang menyebabkan, karena kelalaiannya menghilangkan nyawa orang lain dan dirinya sendiri," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman kepada wartawan, Jumat (27/1/2023).

"Karena kelalaiannya, jadi dia meninggal dunia. Karena kelalaiannya, korban dalam mengendarai sepeda motor sehingga nyawanya hilang sendiri," sambungnya.

-
Ilustrasi kecelakaan (FREEPIK/Standret)

Baca Juga: Update Mahasiswa UI yang Tewas Ditabrak Eks Polisi di Jaksel: Korban Jadi Tersangka!

Latif menyebut kelalaian berkendara bukan berada pada pengendara mobil, dalam hal ini pensiuanan polisi. Hasya, disebut Latif, kurang konsentrasi saat berkendara.

"Karena dia penyebabnya, kurang kehati-hatian dia dalam mengendarai sepeda motor. Harusnya kita dalam berkendara itu, harus bisa mengantisipasi kayak tadi tiba-tiba belok. Dia seharusnya dalam cuaca hujan tadi, harus tahu kondisi. Tiba-tiba arah belok ngerem mendadak jatuh, tidak bisa mengendalikan kendaraannya," katanya.

Penyidikan Kasus Dihentikan

Lebih jauh, Kombes Latif menyebut pihaknya tidak bisa menetapkan pensiuanan polisi sebagai tersangka karena bukti tidak mencukupi. Selain itu, meski sudah ada tersangka dalam kasus ini, Latif menyebut pihaknya menghentikan proses mengingat tersangka sudah meninggal dunia.

"Sehingga ditemukan kesimpulan kami SP3," kata Latif.

Sebelumnya, seorang mahasiswa UI tewas setelah terlibat kecelakaan saat mengendarai motor pada Oktober lalu. Korban tewas usai terlibat kecelakaan dengan sebuah mobil yang ditumpangi pensiunan polisi.

Baca Juga: Pilu Korban Penipuan Wowon Cs: Minta Polisi Cari 2 Rekannya yang Hilang

Babak baru pun muncul dari kasus ini. Sebab, polisi menetapkan korban sebagai tersangka yang alasannya telah dijelaskan sebelumnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X