Mantan PM Jepang Shinzo Abe Dinyatakan Meninggal Dunia Usai Jadi Korban Penembakan

- Jumat, 8 Juli 2022 | 16:20 WIB
Mantan PM Jepang Shinzo Abe dilaporkan telah meninggal dunia. (REUTERS/Stoyan Nenov)
Mantan PM Jepang Shinzo Abe dilaporkan telah meninggal dunia. (REUTERS/Stoyan Nenov)

Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dilaporkan telah meninggal dunia. Pria berusia 67 tahun tersebut menjadi korban penembakan pada saat memberikan pidato di Kota Barat Nara, Jumat (8/7/2022) waktu setempat.

Setelah insiden tersebut, Abe dilarikan ke rumah sakit setelah pingsan dan mengalami pendarahan. Abe ditembak oleh seorang tak dikenal kala sedang berpidato dalam rangka kampanye untuk pemilihan Majelis Tinggi pada 10 Juli mendatang.

Usai insiden tersebut, Abe pun sempat dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan. Terlebih setelah insiden tersebut, Abe sempat mengalami henti jantung.

Akan tetapi setelah mendapatkan penanganan dari pihak rumah sakit, Abe pun dilaporkan meninggal dunia. Kabar meninggal dunianya Abe diberitakan pertama kali oleh media lokal NHK beberapa saat lalu.

Baca Juga: Shinzo Abe Ditembak di Dada dan Leher, Pelakunya Bekas Pasukan Bela Diri Maritim Jepang

"Menurut seorang pejabat senior LDP (Partai Demokrat Liberal), mantan perdana menteri Abe meninggal di sebuah rumah sakit di kota Kashihara, wilayah Nara, di mana dia menerima perawatan medis. Dia berusia 67 tahun," dilansir dari NHK, Jumat (8/7/2022).

Pelaku penembakan Abe sendiri sudah diamankan oleh pihak berwajib Jepang. Pelaku belakangan diketahui merupakan mantan pasukan bela diri Maritim Jepang bernama Tetsuya Yamagami yang berusia 41 tahun.

Abe pun tercatat sebagai PM terlama sepanjang sejarah Jepang. Ia menjabat status sebagai PM Jepang pada 2006 selama setahun, lalu kembali diangkat jadi PM pada 2012 hingga 2020.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X