Viral! Fenomena Aneh Telaga Buret Tulungagung Banjir Padahal Enggak Ada Hujan

- Senin, 2 Januari 2023 | 17:57 WIB
Telaga Buret Tulungagung. (Z Creators/Firmanto Imansyah)
Telaga Buret Tulungagung. (Z Creators/Firmanto Imansyah)

Fenomena aneh terjadi di Telaga Buret yang berada di Desa Sawo, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Telaga Buret banjir dan membuat banjir empat desa yang berada di sekitarnya. 

Karsi Nero Sutarmin, pemerhati lingkungan di Tulungagung mengatakan jika kejadian tersebut tiba-tiba muncul. Padahal tidak ada hujan sama sekali. 

"Ya baru dua hari ini, kemudian surut, kemudian ada lagi. Kalau yang lari ke sawahnya kan ada damnya Mas. Jadi bisa diatur volumenya, kalau lebih kan melubernya ke irigasi langsung dialirkan ke sungai," ucapnya.

-
Telaga Buret Tulungagung banjir. (Z Creators/Firmanto Imansyah)

Peristiwa serupa juga pernah terjadi sekitar dua tahun yang lalu. Saat itu luapan air di telaga disertai dengan bongkahan pohon.

"Sebenarnya dulu juga pernah ada tapi kan tidak terekspose. Kalau yang kapan hari itu sampai muncul bongkahan pohon itu. Bukan pohon sekitar sini yang patah, saya yakin itu karena tidak ada pohon sekitar yang roboh dan bentuknya itu bukan patahan baru," jelasnya.

Karsi sendiri juga belum bisa memastikan dari mana munculnya air.

"Nah itu yang saya juga belum tau, airnya dari mana, kan ini bukan bersumber dari tadah hujan. Bukan juga dari sungai-sungai yang bermuara ke sini," pungkasnya. 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X