PDIP Beri Penjelasan soal Sanksi FX Rudy Lebih Keras daripada Ganjar Pranowo

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 16:01 WIB
FX Rudy diberi sanksi oleh PDIP. (dok PDIP)
FX Rudy diberi sanksi oleh PDIP. (dok PDIP)

Ketua Dewan Kehormatan DPP PDIP Komaruddin Watubun memberikan penjelasan terkait sanksi yang diberikan kepada Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo berbeda dengan Ganjar Pranowo.

Komaruddin berkata FX Rudy diberikan sanksi keras karena dianggap mengungkapkan calon presiden dengan nama tertentu. Padahal sebagaimana keputusan partai, yang bisa menyampaikan hanya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang boleh menyampaikannya.

Baca Juga: Diberi Sanksi Peringatan Keras oleh PDIP, Ini Kata FX Rudy

"Pak Rudy karena mengungkapkan calon kepada calon tertentu, itu yang dilarang oleh keputusan kongres. Itu hanya bisa disampaikan ibu Mega tentu pada waktunya. Jadi tidak salah juga disampaikan," kata Komaruddin di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2022).

Baca Juga: Tak Cuma Ganjar, PDIP Juga Sanksi Kader Dewan Kolonel: Keras dan Terakhir

Dilanjutkan Komaruddin, Ganjar tidak mendeklarasikan diri sebagai calon presiden. Tapi lebih kepada menjawab pertanyaan terkait kesiapannya jika ditunjuk menjadi calon presiden.

"Pak Ganjar tidak mendeklarasikan diri sebagai calon itu ada pernyataan dari wartawan dia hanya menjawab. Memang partai itu mempersiapkan kader bangsa untuk siap dicalonkan di tingkatan mana saja," tutur Komaruddin. 

"Ganjar dalam klasifikasi itu. Jadi tidak ada pelanggaran yang dilakukan waktu yang keras," tambahnya.

-
FX Rudy diberi sanksi oleh PDIP. (dok PDIP)

Sementara itu, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menambahkan, sanksi berat kepada Rudy adalah bentuk perlakuan yang sama atau equal treatment kepada para kader partai dalam hal kedisiplinan. 

“Jadi sanksi ini teguran, bukan pembebas tugasan, bukan  pemecatan. Jadi ada tahapan-tahapan pemberian sanksi," tutur Hasto.

Sebelumnya Ketua Dewan Kehomarmatan DPP PDIP Komaruddin Watubun mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan sanski kepada Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Adapun FX Rudy diberikan sanksi berat berat yakni peringatan keras dan terakhir lantaran memberikan pernyataan mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Karena pak Rudy ini adalah kader senior, maka tentu sanksi juga harus lebih berat. Karena itu kita jatuhkan sanksi peringatan keras dan terakhir pada saudara FX Rudyatmo,” kata Komaruddin di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2022).

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X