The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Akhirnya! Wuhan Cabut Status Lockdown Setelah 76 Hari Memerangi Virus Corona
Warga antre naik transportasi umum untuk meninggalkan Wuhan (REUTERS/Stringer)
News

Akhirnya! Wuhan Cabut Status Lockdown Setelah 76 Hari Memerangi Virus Corona

Rabu, 08 April 2020 10:04 WIB 08 April 2020, 10:04 WIB

INDOZONE.ID - Status lockdown di Wuhan, Tiongkok, akhirnya berakhir pada hari Rabu (8/4/2020). 11 juta warga di sana sudah dibebaskan untuk keluar masuk tanpa aturan yang ketat lagi.

Pada Rabu dini hari petugas keamanan membuka blokade yang terpasang di tengah jalan selama 76 hari terhitung sejak 23 Januari 2020.

"Saya akan gunakan kesempatan ini untuk berjalan-jalan sebebasnya," kata Hou, warga Wuhan sebagaimana dikutip media resmi setempat.

Status lockdown Wuhan akhirnya dicabut karena 97% area Wuhan dinyatakan bebas dari virus corona. Hingga Selasa (7/4/2020) malam di Wuhan hanya menyisakan 181 pasien positif COVID-19.

Virus corona sendiri telah menginfeksi 82.000 oran di Wuhan dan merenggut 3.331 kematian. Strait Times melaporkan, pada jam 6 pagi sudah banyak penumpang yang tidak sabar naik kereta api untuk meninggalkan Wuhan.

Diperkirakan, 55 ribu orang akan naik kereta api dan meninggalkan Wuhan. Namun, warga masih terlihat mengenakan masker dan ada juga yang memakai pakaia pelindung.

"Aku sangat senang akhirnya bisa pergi, sudah terlalu lama," kata seorang pria bernama Zheng.

Meski begitu, warga yang hendak naik transportasi umum memerlukan kode kesehatan hijau dalam aplikasi ponsel.

Langkah Tiongkok menutup Wuhan pada akhir Januari lalu, sempat dipandang sebagai langkah otoriter. Namun, pada akhirnya beberapa negara dunia justru meniru langkah tersebut.

Menandai pencabutan status lockdown ini, pertunjukan lampu menghiasi kota Wuhan. Ada juga yang memperlihatkan momen saat tim medis merawat pasien.

Di sepanjang jembatan, warga meneriakkan "Ayo, Wuhan!" sambil menyanyikan lagu kebangsaan.

"Saya belum pernah berada di luar selama lebih dari 70 hari," kata Tong Zhengkun emosional saat melihat pertunjukan itu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US