Cara Polda Metro Antisipasi Kejahatan di Tengah Wabah Virus Corona

- Rabu, 8 April 2020 | 20:47 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Wabah virus corona atau Covid-19 belum mereda di ibu kota DKI Jakarta. Untuk memberikan rasa aman kepada warganya, Polda Metro Jaya memiliki strategi untuk mengantisipasi kejahatan-kejahatan kriminal selama wabah virus ini masih berlangsung.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan langkah utama yang dilakukan oleh pihaknya adalah dengan cara menggiatkan patroli. Patroli dilakukan untuk mengantisipasi adanya pelaku tindakan kejahatan yang memanfaatkan momentum virus corona ini untuk melakukan aksi kejahatannya.

"Terkait kriminalitas, ini terus kita semaksimal mungkin menjamin keamanan di wilayah Polda Metro Jaya. Patroli kita sudah menyiapkan diri dalam hal ini kita selalu siaga," kata Irjen Nana di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Nana mengatakan anggota Polri saat ini lebih banyak berada di lapangan. Anggota kepolisian disebutnya akan terus meminimalisir tindak kejahatan di tengah wabah virus corona ini.

"Kita perbanyak kegiatan anggota Polri harus selalu ada di lapangan. Untuk fungsi Reskrim ini selalu siaga dan faktanya ada kasus-kasus yang terjadi kita mampu mengungkap kasus tersebut. Dalam hal ini kami terus upaya jamin kemanan di wilayah hukum Polda Metro Jaya," ungkap Nana.

-
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana. (Foto: Antara/Dhimas BP)

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan angka kejahatan di Jakarta sudah semakin menurun akibat wabah virus corona ini. Berbagai tindakan kejahatan mulai dari kejahatan jalanan dan lain-lain trend-nya dikatakannya mulai menurun.

"Kita hitung crime total, crime total dibandingkan dengan April. Misalnya, Maret tahun yang lalu, crime totalnya itu berapa itu kan kita berbanding dengan tahun yang lalu dengan waktu yang sama, tapi tahunnya yang berbeda itu menurun," kata Yusri.

Meski begitu, dia mengatakan anggota kepolisian tetap mengantisipasi adanya tindakan kejahatan saat ini. Anggota kepolisian dikatakannya sudah tersebar di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya guna memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Unit dari Reskrim yang tidak berseragam terus dikerahkan demi menjamin dan mengantisipasi kriminalitas yang ada karena takutnya dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan," kata Yusri.

"Jadi semua sudah di mapping dan sudah disiapkan. Selain ada ada gugus tugas untuk menghadapi Covid-19 ini juga ada tim rutin yang ditingkatkan," pungkas Yusri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X