Trend Hoax di Jakarta Meningkat Selama Pandemi Virus Corona
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
News

Trend Hoax di Jakarta Meningkat Selama Pandemi Virus Corona

Kita akan menindak tegas para pelaku.

Kamis, 09 April 2020 09:12 WIB 09 April 2020, 09:12 WIB

INDOZONE.ID - Polda Metro Jaya mencatat ada beberapa penurunan tindakan kejahatan di wilayah Jakarta dan sekitarnya selama pandemi virus corona (Covid-19) masih menghantui Ibu Kota. Namun, ada satu kejahatan yang meningkat selama pandemi corona, yakni penyebaran berita bohong atau hoax.

"Sebenarnya modus kejahatan baru saat ini tidak ada tapi ada peningkatan di beberapa sektor yang terjadi seperti hoax, penebar kebencian, menyebarkan berita bohong tentang Covid-19," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada Indozone, Kamis (9/4/2020).

Angka kejahatan lainnya seperti kejahatan jalanan dinilai saat ini sudah menurun. Laporan polisi terkait kejahatan yang masuk ke Polda Metro Jaya juga diklaim menurun selama pandemi virus corona.

"Crime total dibandingkan dengan April misalnya Maret tahun yang lalu itu menurun. Dan juga kita bandingkan lagi dengan hari per hari atau bulan per bulan. Satu hari berapa sih LP (laporan) yang masuk ke sini itu di bawah dari hari yang sebelum Covid-19," ungkap Yusri.

Meski ada peningkatan di kasus hoax, Yusri menegaskan pihaknya tetap gencar mengantisipasi munculnya hoax terkait virus corona yang tersebar saat ini. Caranya dengan lebih menggiatkan patroli siber yang dikakukan oleh anggota kepolisian.

"Tapi kan dari kepolisian terus melakukan patroli siber, ya mem-profiling meraka-mereka semua. Terus kemudian kita akan menindak tegas para pelakunya," pungkas Yusri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Samsudhuha Wildansyah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US