Inilah Kapten Inf Teddy, Perwira TNI yang Berhasil Meraih Kualifikasi Pasukan Elit US Army

- Selasa, 7 April 2020 | 12:39 WIB
Kapten Inf Teddy Indra Wijaya. (Instagram/@tni_angkatan_darat)
Kapten Inf Teddy Indra Wijaya. (Instagram/@tni_angkatan_darat)

Kapten Inf Teddy Indra Wijaya merupakan salah satu perwira TNI AD yang berhasil meraih kualifikasi pasukan elit US Army. Kabar membanggakan ini disampaikan oleh Atase Militer Darat Indonesia untuk Amerika Serikat.

Kualifikasi tersebut didapatnya setelah menjalani program sekolah pasukan paling elite di Angkatan Darat Amerika Serikat, Ranger School.

"Pendidikan itu diikuti oleh tentara yang telah terpilih paling fit, baik secara fisik dan mental. Untuk persentase kelulusan sekolah selama ini berkisar 20-25% dari seluruh jumlah siswa pada periode pendidikan tersebut," kata Atase Militer Darat RI untuk Amerika Serikat, Kolonel Inf Hendri.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TNI AD (@tni_angkatan_darat) on

Pendidikan Ranger sendiri menerapkan sistem gugur di setiap even tes. Standar syarat kelulusannya juga sangat tinggi, mulai dari kemampuan individual dalam fisik, Ranger Tactical Test yang diuji dalam tahap RAP Week, navigasi darat, peer evaluation, dan penilaian Leadership in Patrol.

Para peserta juga harus mendapat dukungan dari rekan-rekan satu regunya. Prosedur yang harus dilewati para peserta sangat ketat dan sulit, karena itulah Ranger School menjadi sekolah paling bergengsi.

"Siswa yang tidak memenuhi standar akan langsung di drop atau dikeluarkan pada setiap harinya, recycle, atau mengulang tahap sebelumnya, ataupun mengulang dari hari pertama yaitu Day 0," kata Hendri.

Ranger School ini sendiri diikuti 412 siswa US Army dan 6 negara lain yaitu Indonesia, Jerman, Ukraina,  Arab Saudi, Belanda dan Kanada.

Selain Teddy, perwira TNI AD lainnya yang pernah lulus dari Ranger School yaitu Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono,  Letjen TNI (Purn) Syaiful Rizal, Letjen TNI (Purn) Hotmangaraja Panjaitan dan juga Letjen TNI (Purn) Nugroho Widyatomo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X