Kenalan dengan Rahadewi Neta, Wasit Wanita Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 23:41 WIB
 Rahadewineta atau Neta adalah wasit perempuan Indonesia satu-satunya yang akan bertugas pada cabang olahraga para-taekwondo di Paralimpiade Tokyo 2020. (photo/ANTARA/Dokumentasi Pribadi)
Rahadewineta atau Neta adalah wasit perempuan Indonesia satu-satunya yang akan bertugas pada cabang olahraga para-taekwondo di Paralimpiade Tokyo 2020. (photo/ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Tak cuma menurunkan atlet di Paralimpiade Tokyo 2020, wakil Indonesia juga berkesempatan menjadi wasit. Rahadewineta menjadi satu-satunya wanita Indonesia yang jadi wasit diajang tersebut.

Karena hal tersebut Pendiri dan Pembina Universal Taekwondo Indonesia Profesional (UTI-Pro) Grand Master Lioe Nam Khiong mengaku bangga dengan prestasi Rahadewineta yang menjadi satu-satunya wanita Indonesia yang bertugas sebagai wasit di Paralimpiade Tokyo 2020.

Dilansir dari ANTARA, Selasa (31/8), terpilihnya Neta, sapaan akrab Rahadewineta sebagai wasit di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 merupakan buah dari pembinaan yang berkesinambungan.

Neta terpilih menjadi wasit di Paralimpiade Tokyo bersama empat nama lainnya. Yakni Abdul Latif Jaohari, Robbertus Tommy Oscariano, dan Raventus dari cabang para-badminton, serta Edy Suwarto dari cabang anggar kursi roda.

Bagi Neta, ini bukan kali pertama memipimpin ajang besar. Dia telah malang melintang di dunia perwasitan internasional, termasuk menjadi wasit satu-satunya dari Indonesia yang bertugas di Olimpiade Rio de Janeiro, Brazil, pada 2016.

Neta menjadi salah satu dari 30 nama dari belahan dunia lainnya yang terpilih setelah melalui tahapan seleksi cukup panjang.

Ibu dua anak ini telah menjalani proses seleksi sejak 2019 di Moskow, Rusia, yang diikuti sekitar 500 wasit dari 5 Benua yang diundang pada tahapan awal.

Baca juga: Semua Tentara AS Telah Ditarik, Taliban Kini Kuasai Bandara Internasional Hamid Karzai

Kemudian mengerucut hingga menjadi 50 wasit international taekwondo terbaik di dunia. Adapun tes yang telah diikuti mulai tes fisik, tes tertulis, scoring test, competition management test, serta interview.

Ke-50 wasit terbaik dunia itu kembali menjalani proses kualifikasi dan evaluasi di pertandingan Pra-kualifikasi Paralimpiade Tokyo 2020 hingga terpilih 30 wasit terbaik atau The Best yang akan memimpin pertandingan di Tokyo.

Sementara, Neta yang merupakan salah satu wasit terbaik binaan UTI-Pro ditugaskan menjadi wasit di ajang Pra-kualifikasi Zona Afrika di Maroko dan Zona Eropa di Bulgaria.

Kemudian mengantarkannya lolos seleksi bersama 15 wasit wanita dan 15 wasit pria yang memimpin jalannya pertandingan cabang para-taekwondo di Paralimpiade Tokyo 2020.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X