Badai Ida Menerjang Louisiana AS Menyebabkan Pemadaman Listrik di Ribuan Rumah Warga

- Senin, 30 Agustus 2021 | 09:08 WIB
Badai Ida menerjang Louisiana. (REUTERS/MICHAEL DEMOCKER)
Badai Ida menerjang Louisiana. (REUTERS/MICHAEL DEMOCKER)

Badai Ida menerjang bagian Louisiana, Amerika Serikat, badai itu membawa angin 240km per jam.

Badai yang terjadi pada Minggu sore (29/8/2021) menyebabkan aliran listrik terputus, hampir setengah juta rumah warga setempat kehilangan listrik.

Lebih dari 750.000 rumah di Louisiana tanpa listrik dan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk memulihkannya, kata presiden AS Joe Biden, dilansir BBC.

Joe Biden juga mengatakan badai Ida akan mengancam jiwa, kehancuran besar kemungkinan di luar pantai.

Baca juga: Momen Badai Pasir Setinggi 91 Meter Menyelimuti Kota Barat Laut China, Dunhuang

Selama akhir pekan badai Ida mengumpulkan kekuatan di atas perairan hangat Teluk Meksiko, hal ini membuat pendaratan pada hari Minggu di selatan New Orleans sebagai badai kategori empat, yang berarti akan menyebabkan kerusakan parah pada bangunan, pohon, dan saluran listrik.

-
Badai ida. (Christie Angelette via REUTERS)

Di beberapa tempat gelombang badai bisa setinggi 16 kaki (4,8 m), berpotensi menenggelamkan bagian dari garis pantai dataran rendah.

Beberapa unggahan di media sosial memperlihatkan kengerian badai Ida menerjang negara bagian AS itu. Puing-puing terlihat berterbangan.

Kedatangan badai Ida terjadi di hari yang sama dengan terjangan Badai Katrina pada 2005. Saat itu, Katrina mengobrak-abrik Louisiana serta Mississippi dan menewaskan lebih dari 1.800 orang.

Badai Ida pertama kali menyentuh daratan Louisiana di wilayah barat Port Fourchon. Sekitar dua jam kemudian, badai itu tiba di dekat Gallianno, berputar di area rawa-rawa Louisiana.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X