CEK FAKTA: Bocah 12 Tahun Lemas dan Pingsan Setelah Disuntik Vaksin, Efek Samping?

- Senin, 4 Oktober 2021 | 18:49 WIB
Bocah pingsan setelah divaksin (Facebook/info.semasa)
Bocah pingsan setelah divaksin (Facebook/info.semasa)

Seorang bocah berusia 12 tahun di Malaysia pingsan setelah disuntik vaksin Covid-19. Video ini pun bikin heboh karena disebut sebagai efek samping vaksin.

Faktanya, bocah itu pingsan bukan karena efek samping vaksin, tapi karena grogi, kurang tidur, dan tidak cukup sarapan.

Dilansir World of Buzz, Senin (4/10/2021), hal ini diutarakan oleh Dr Rusdi Bin Abd Rahman, Wakil Direktur Departemen Kesehatan Negara Bagian Melaka.

Awalnya, bocah laki-laki itu mendatangi lokasi vaksinasi bersama keluarganya, Kamis (30/9/2021). Selama proses vaksinasi, bocah itu menunjukkan tanda-tanda grogi, tapi tidak ada efek samping selama masa observasi usai divaksin.

Namun, saat berjalan menuju tempat parkir, bocah ini tiba-tiba lemas dan pingsan. Dia pun dibawa kembali ke ruangan kesehatan untuk diperiksa petugas medis.

Berdasarkan pemeriksaan kala itu, kondisi vital bocah itu stabil, mulai dari tekanan darah, denyut nadi, dan oksigen dalam darah.

Setelah 30 menit dipantau tim medis, bocah itu diizinkan pulang dan dilaporkan sehat serta aktif oleh keluarganya.

Belakangan terungkap kalau malam sebelum divaksin bocah ini begadang dan saat sarapan hanya makan satu sendok nasi lemak.

"Remaja ini tidak memiliki masalah kesehatan, tidak pernah dirawat di rumah sakit, atau memiliki riwayat alergi sebelumnya. Kejadian ini dipastikan karena grogi, kurang tidur dan tidak sarapan sebelum vaksinasi.” ujar dokter Rusdi.

Oleh karena itu, Dokter Rusdi berpesan kepada orangtua atau wali yang membawa anak-anak untuk divaksin, agar memastikan mereka tidur dengan cukup dan makan lebih dulu sebelum divaksin.

Dia juga meminta masyarakat tidak terperdaya dengan berita bohong di media sosial.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X