Mabes Polri Didesak Ambil Alih dan Usut Kasus Dugaan Kekerasan Seksual di Luwu Timur

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 09:08 WIB
Ilustrasi pelecehan seksual (Pexels)
Ilustrasi pelecehan seksual (Pexels)

LBH Makassar, Sulsel mendesak Mabes Polri membuka kembali kasus dugaan dugaan kekerasan seksual terhadap tiga anak di bawah umur yang dihentikan Polres Luwu Timur dan Polda Sulawesi Selatan pada tahun 2019 dan tahun 2020.

"Kami minta Polri mengambil alih dan melanjutkan proses perkara ini," ucap tim penasehat para korban, Rezky Pratiwi, dikutip dari Antara, Jumat (8/10/2021).

Kasus ini dilaporkan oleh RS, mantan istri SA (43). SA diketahui merupakan ASN di Inspektorat Pemda Luwu Timur. Dia diduga memperkosa tiga anaknya masing-masing  berinisial AL (8), MR (6) dan AL (4) 

Kasus ini ramai dibahas usai dipublikasikan oleh Project Multatuli dan dipublikasikan ulang oleh beberapa media nasional sebagai bentuk solidaritas.

"Polisi punya kewenangan. Makanya, kami mendesak sekali lagi Polri menindak lanjuti apa menjadi temuan kami yang sudah dilaporkan di Polda Sulsel agar bisa dibuka kembali dan diambil alih untuk ditindaklanjuti, agar para anak-anak bisa mendapatkan keadilan," tegas Rezky.

Dia menilai penerbitan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) untuk kasus tersebut masih prematur. Misalnya, hanya dua bulan setelah dilaporkan di Polres Luwu Timur pada 2019, langsung dibuat administrasi penghentian penyelidikan.

Kemudian, tidak dilakukan pemeriksaan saksi lain selain para korban. Bahkan, para korban tidak didampingi ibu atau pengacara saat diperiksa.

Kemudian, saat menjalani layanan psikiater yang ada di Luwu Timur, pemeriksaan hanya 15 menit. Hasilnya, ibu korban yang dinyatakan mengalami gangguan jiwa.

"Kami sudah melaporkan kasus ini ke Komnas HAM, Komnas Perempuan dan Kementerian PPA. Bahkan ada rekomendasi dari Komnas Perempuan untuk melanjutkan kasus ini kembali. Tetapi, belum ada keterangan resmi melalui surat dari penyidik Polri, tapi hanya statmen di media saja didengar," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X