Terjadi Banjir & Longsor di Huta Sualan Parapat, Puluhan Warga Terpaksa Mengungsi

- Kamis, 13 Mei 2021 | 22:11 WIB
Banjir dan longsor di Simalungun. (Photo/Istimewa)
Banjir dan longsor di Simalungun. (Photo/Istimewa)

Pada Kamis (13/5/2021) saat lebaran hari pertama, terjadi banjir di Huta Sualan, Nagori Sibaganding dan Jalinsum Jalan Sisingamangaraja Lingkungan l, Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun.

Akibatnya intesitas hujan yang tinggi, terjadi banjir dan longsor di daerah setempat yang mengakibatkan puluhan warga mengungsi ke rumah saudaranya.

Akibat longsor yang terjadi di Huta Sualan, Nagori Sibaganding, arus lalulintas mengalami kemacetan akibat luapan air bercampur lumpur disertai material batu koral dari atas bukit Sualan menutupi badan Jalan Lintas Sumatera.

Baca juga: Relawan Covid-19 Ini Akan Memulai Layanan 'Jugaad Ambulans' untuk Bantu Pasien Covid-19

Beberapa foto dan video beredar di media sosial yang memperlihatkan terjadinya banjir di wilayah tersebut. Beberapa warga juga berusaha untuk membersihkan puing-puing pohon serta lumpur yang ada di jalan.

Sementara itu, di Lingkungan l, inti Kota Parapat, Sungai Batu Gaga meluap akibat tidak nampu menampung debit air dari atas Bukit Bangun Dolok dan Buttu Makasang.

Material batu koral besar, bercampur batang dan potongan kayu bekas tebangan, serta lumpur, menghambat badan Sungai Batu Gaga, yang mengakibatkan air dan lumpur masuk ke rumah penduduk. Ketinggiannya sekitar 60 cm. Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X