Anak Buah Anies Terjunkan Hampir 9 Ribu Personel Urusi Sampah Guna Antisipasi Banjir

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 12:23 WIB
Ilustrasi banjir di DKI Jakarta. (INDOZONE).
Ilustrasi banjir di DKI Jakarta. (INDOZONE).

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta akan menurunkan sebanyak 8.945 personel untuk diterjunkan menangani sampah di kali-kali Ibu Kota guna mengantisipasi musim hujan yang akan datang.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta Asep Kuswanto menjelaskan, untuk sarana yang disiagakan terdiri dari 1.543 unit angkutan sampah, 118 unit alat berat, 47 unit road sweeper dan 50 set kubus apung perahu pontoon.

Meski baru memasuki musim penghujan, anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini menuturkan, pihaknya telah memastikan kesiapsiagaan personel yang bertugas menjaga kebersihan badan air.

“Kita memeriksa kesiapan personel, alat pelindung diri, dan armada,” ucap Asep saat dikonfirmasi, Kamis (14/10/2021).

Lebih lanjut, Asep pun menjelaskan, pola penangan sampah dibagi menjadi empat mode yaitu, mode normal, mode awas, mode tergenang dan mode rehabilitasi. Mode normal dikerjakan pada awal musim penghujan.

Kemudian, mode awas untuk siaga banjir seperti tingginya muka air Katulampa dan tingginya intesitas curah hujan, mode tergenang yaitu ketika tanggap darurat banjir yang ditetapkan statusnya oleh BPBD dan terakhir, mode rehabilitasi pasca terjadinya genangan banjir.

Asep juga menambahkan, Pasukan Orange DLH UPK Badan Air terus melakukan antisipasi dan memastikan agar tidak ada sampah yang menyumbat kali, saluran penghubung, dan pintu-pintu air.

“UPK Badan Air juga sudah melakukan antisipasi pembersihan sampah di sepanjang saluran penghubung dan pintu-pintu air. Kemudian terdapat petugas untuk memantau perkembangan situasi di setiap lokasi rawan tumpukan sampah saat terjadi banjir kiriman,” terangnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X