Tepis Kabar yang Beredar, Anwar Abbas: Jangan Dikira Saya Itu Memusuhi Jokowi

- Senin, 13 Desember 2021 | 16:48 WIB
Waketum MUI Anwar Abbas. (photo/mui.or.id)
Waketum MUI Anwar Abbas. (photo/mui.or.id)

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menepis kabar yang menyebut Presiden Jokowi memintanya untuk tidak bebricara keras-keras ketika menyampaikan kritik. Buya Anwar, sapaan akrabnya, menyebut kabar itu tidak benar alias keliru.

Ia meluruskan, hal yang benar adalah dirinya diingatkan teman-temannya untuk tidak memberikan kritik keras saat memberikan di hadapan Presiden Jokowi pada acara Kongres Ekonomi Umat MUI. Terlebih lagi, hal itu disampaikan teman-temannya dengan seloroh. Buya Anwar kemudian menjawab bahwa tak perlu takut mengkritik Presiden Jokowi, karena beliau tidak antikritik.

"Lalu saya tanya kenapa? Mereka (teman-teman) tidak menjawab dan hanya tersenyum saja, lalu saya bilang dengan mereka, 'Anda jangan takut' kata saya, Pak Jokowi dan Menteri Agama itu sudah kebal dengan kritik artinya kritik tersebut tidak akan menyakiti diri beliau," ucap Buya Anwar melalui keterangan tertulis, Senin (13/12/2021).

Buya Anwar menambahkan, Presiden Jokowi sudah kebal dengan kritik, sebab beliau merupakan kepala negara yang sangat terbuka dengan perbedaan pendapat.

"Kesimpulan saya tersebut bukan tidak berdasar karena nyaris dalam beberapa kali pertemuan saya dengan beliau baik atas nama MUI dan atau Muhammadiyah saya terbilang sangat sering menyampaikan kritik dan pandangan saya kepada beliau, baik itu ketika dalam pertemuan di Istana maupun ketika beliau datang ke kantor PP Muhammadiyah," tuturnya.

Bahkan, lanjut Buya Anwar, dalam satu pertemuan di Istana Negara, Mensesneg Pratikno pernah bilang kepada dirinya bahwa masukan dan kritikan yang disampaikan Buya Anwar telah dicatat oleh Presiden Jokowi. 

"Itu menandakan pak Jokowi bisa menerima kritik dan pandangan saya," jelasnya.

"Jadi media janganlah sampai mengira terlalu jauh di mana Pak Jokowi telah mengingatkan saya untuk tidak bicara keras sebelum saya menyampaikan sambutan saya. Juga di samping itu media janganlah sampai mengira bahwa saya itu memusuhi Jokowi," tegas Buya Anwar.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X