Face Recognition Keliru Identifikasi Abdul Manaf Pengeroyok Ade Armando, Apa Kata Polisi?

- Kamis, 14 April 2022 | 12:03 WIB
Wajah Abdul Manaf (kiri) diperlihatkan Polda Metro saat konferensi pers. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Wajah Abdul Manaf (kiri) diperlihatkan Polda Metro saat konferensi pers. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Teknologi face recognition yang digunakan Polda Metro Jaya untuk mengidentifikasi para pelaku pengeroyokan terhadap Ade Armando, tampaknya tidak 100 persen berhasil. Pasalnya, ada kekeliruan dalam proses identifikasi satu terduga pelaku.

Satu orang yang sebelumnya disebut terduga pelaku berdasarkan face recognition bernama Abdul Manaf. Namun, ternyata hal itu keliru lantaran Abdul Manaf bukanlah pelaku pengeroyokan.

"Tim sudah menemukannya setelah kita lakukan pencocokan pemeriksaan awal ternyata Abdul Manaf itu tidak terlibat. Yang kita duga terlibat tidak terlibat. Jadi itu orangnya berbeda, sedang kita cari," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol E Zulpan saat dihubungi, Kamis (14/4/2022).

Baca juga: 11 Halte Transjakarta akan Ditutup karena Ada Revitalisasi Mulai Besok, Ini Daftarnya

Zulpan menyebut kekeliruan teknologi face recognition lantaran pelaku pengeroyokan sebenarnya dalam video yang beredar menggunakan topi. 

"Yang kita duga pelaku itu menggunakan topi sehingga begitu topinya dibuka tingkat akurasinya tidak 100 persen," beber Zulpan.

Meski begitu, Zulpan menegaskan pihaknya tetap berusaha mencari pelaku pengeroyokan itu.

"Jadi itu orangnya berbeda, sedang kita cari," kata Zulpan.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya sudah menangkap tiga terduga pengeroyokan Ade Armando dan memburu tiga lainnya. Satu buruan mereka sebelumnya disinyalir bernama Abdul Manaf.

Setelah Abdul Manaf ditemukan polisi di daerah Karawang, polisi mendapat fakta jika Abdul Manaf bukan pelaku pengeroyokan. Polisi pun pada akhirnya tidak membawa Abdul Manaf.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X