The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Blak-Blakan Mahfud MD: Nggak Gampang Jadi Politisi dan Parpol Bersih
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (photo/Instagram/@mohmahfudmd)
News

Blak-Blakan Mahfud MD: Nggak Gampang Jadi Politisi dan Parpol Bersih

Minggu, 08 Agustus 2021 12:49 WIB 08 Agustus 2021, 12:49 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berbicara soal sulitnya menjadi politisi dan partai politik (parpol) bersih. Menurutnya, terkadang dihadapkan oleh dua pilihan yang sulit.

"Pertama, parpol didirikan untuk memperjuangkan kebaikan bagi bangsa dan negara, oleh sebab itu orang-orangnya harus baik. Kedua, untuk bisa berjuang parpol itu harus punya banyak pengikut,” jelas Mahfud Sabtu, (7/8/2021).

Apalagi jika ada kader parpol yang terlibat kasus korupsi, sehingga menurunkan tingkat kepercayaan publik terhadap suatu parpol.

Namun katanya, negara demokrasi konstitusional, tetap harus memiliki lembaga perwakilan atau parlemen, dan parlemen yang baik itu harus diisi oleh partai politik. 

"Partai politik kerap dituding menjadi sarang koruptor dan penyebab carut marut situasi politik. Karena itu, munculah suara-suara yang menginginkan Indonesia tanpa partai politik. Tapi bagaimanapun, partai politik tetap diperlukan untuk melakukan kontrol terhadap kekuasaan itu jauh lebih baik dibandingkan dengan negara yang tidak punya parpol,"ujar Mahfud.

Untuk itu, Mahfud saat memberikan pengarahan pada 1.200 orang dalam Sekolah Kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) angkatan kedua berharap, PSI tak kehilangan idealismenya sebagai parpol.

“Tolong, jaga idealisme ini. Saya dulu ikut mendorong berdirinya PSI, saya akan dukung dan turut mendoakan agar partai ini mencetak calon-calon anggota legislatif yang kompeten dan berintegritas. Kompeten, dia mampu bekerja, mengerti masalah ketatanegaraan, mengerti politik, sosiologi dan kebutuhan rakyat. Lalu berintegritas, dia jujur, niatnya baik, dan tidak koruptif,” harapanya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median
JOIN US
JOIN US