The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kawanan Begal TNI di Jaksel Didominasi Pelajar, Ternyata Dicap Baik Kalau di Rumah
Konferensi pers kasus begal 2 prajurit TNI di Mapolres Metro Jakarta Selatan. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
News

Kawanan Begal TNI di Jaksel Didominasi Pelajar, Ternyata Dicap Baik Kalau di Rumah

Selasa, 10 Mei 2022 18:10 WIB 10 Mei 2022, 18:10 WIB

INDOZONE.ID - Sembilan pemuda kawanan begal yang sempat menyasar dua prajurit TNI di Kebayoran Baru ternyata masih berusia muda bahkan masih berstatus sebagai pelajar. Sejumlah pelaku ini juga dikenal sebagai anak baik-baik di lingkungan tempat tinggalnya.

"(Para pelaku) rata-rata SMA kelas 2," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Ridwan Soplanit kepada wartawan di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Selasa (10/5/2022).

Kesembilan tersangka itu sendiri diketahui masih berusia muda. Para tersangka antara lain berinisial MRH (20), MRM (19), RN (24), NB (16), FR (17), TP (21), MAH (15), AM (19) dan RM (19).

Selain itu, Ridwan mengungkap saat pihaknya menangkap para pelaku, polisi sempat mendapat penolakan dari warga. Sebab, warga mengira pelaku merupakan anak baik-baik dan tidak akan melakukan aksi begal.

"Ada yang tinggal di Bintaro sekitar dua hingga tiga orang bertetangga. Kita sempat datang mengamankan para pelaku sempat ditolak oleh warga karena di tempat dia sendiri dicap anak baik-baik yang dikenal anak yang baik-baik," beber Ridwan.

Begal, Polda Metro Jaya
Konferensi pers kasus begal 2 prajurit TNI di Mapolres Metro Jakarta Selatan. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

BACA JUGA: Kronologi 2 TNI Dibegal di Jaksel, Pelakunya Ternyata 8 Orang

Bahkan, Ridwan menyebut satu tersangka berinisial TP merupakan anak dari Ketua RT setempat. Namun, setelah diberi pemahaman oleh polisi dan polisi membawa tersangka lain, warga mulai memahaminya.

"Jadi orang tua TP Pak RT. Awalnya nggak sangka dia melakukan hal seperti ini. Jadi sempat mengadakan penolakan dari warga tapi saat itu kita bawa temannya dari pelaku dan dijelaskan baru mereka memahami," kara Ridwan.

Sebelumnya, dua prajurit TNI selesai berbelanja di Pasar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Sabtu, 7 Mei 2022 subuh dipepet oleh kawanan begal. Bak salah sasaran, dua prajurit TNI ini melawan balik dengan cara menendang satu motor pelaku.

Alhasil, satu pelaku terjatuh dan berhasil diamankan. Para pelaku lainnya sempat berhasil melarikan diri dan saat ini semua tersangka sudah berhasil ditangkap.

Polisi menyebut modus kawanan ini dengan cara berpura-pura meminta rokok kemudian melempar batu conblock ke arah korban. Tujuan mereka yakni mengambil sepeda motor milik korbannya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US