Pertemuan Jokowi dan Megawati untuk Menyamakan Persepsi Menuju Pemilu 2024, Dukung Puan?

- Selasa, 10 Mei 2022 | 15:19 WIB
Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo (Jokowi). (Instagram/@puanmaharaniri)
Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo (Jokowi). (Instagram/@puanmaharaniri)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam rangka silaturahmi Lebaran 2022. Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani, mengatakan isi pertemuan membahas hal-hal strategis bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Mengenai hal tersebut,  Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin, menilai kunjungan tersebut sebagai hal yang positif, mengingat selama ini ada ketegangan antara Jokowi dan Megawati. 

Silaturahmi itu juga bisa menjadi kesempatan untuk membahas berbagai isu kebangsaan, dari soal ekonomi hingga ibu kota baru.

"Saya melihat hal yang positif pertemuan itu. Karena selama ini ada ketegangan-ketegangan antara PDIP, Megawati dengan Jokowi," tutur Ujang, Selasa (10/5/2022).

Dia juga tidak menampik adanya kemungkinan pembicaraan arah politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ujang juga menangkap adanya sinyal perbedaan arah politik dari kedua tokoh.

Beda Persepsi

Menurut Ujang, pertemuan itu bisa jadi untuk menjajaki kemungkinan Jokowi mendukung Puan dalam kontestasi 2024. Karena Megawati sudah menangkap gelagat arah dukungan Jokowi yang berbeda.

Baca juga: Dramatis! Detik-detik Petugas Damkar Bantu Copot Cincin di Jari Bocah Bikin Bengkak

"Justru pertemuan kemarin ingin menyamakan persepsi. Jadi Megawati sudah terasa kelihatannya arah-arah Jokowi, yang mungkin tidak mau mendukung PDIP atau tidak mendukung Puan. Jadi bisa jadi 'bagaimana Pak Presiden Jokowi, 2024 nanti bisa mendukung kami, gak?' begitu lo," tutur Ujang.

Menurut dia, Jokowi dan PDIP saling membutuhkan. Ia juga memprediksi Jokowi tidak akan sehaluan dengan PDIP dalam Pilpres 2024, karena hal itu bisa merugikan Jokowi. Ketika bakal pasangan calon yang diusung menang, Jokowi akan kehilangan semua kekuatan politik.

"Saya melihat kemungkinan besar juga membahas persoalan di Pilpres 2024. Karena saya mengamati arah politik Jokowi dan arah politik Megawati akan berbeda. Bisa jadi nanti PDIP akan mengusulkan Puan, tetapi Jokowi mengusulkan yang lain. Jadi bisa jadi Jokowi mendukung yang tidak didukung oleh PDIP atau Megawati," beber Ujang.

Namun, Ujang menilai Puan Maharani sebagai calon dari PDIP di Pilpres 2024 masih kurang mendapat perhatian publik, meski Puan menjabat sebagai ketua DPR. Jika Puan hendak bersaing di Pilpres 2024, ia harus memperbaiki kinerja untuk meningkatkan nilai tawar dan mendapatkan perhatian publik. 

"Mestinya seperti itu dan hari ini sudah mulai dengan mengkritik Jokowi, mengkritik pemerintah, tapi itu tidak terlalu berdampak. Karena isunya isu kecil, bukan isu besar yang menjadi fokus perhatian rakyat," paparnya.

Hanya Silaturahmi

Sementara itu Pengamat politik dari UPN Veteran Danis TS Wahidin menangkap bahwa momen lebaran dimanfaatkan sejumlah elite politik untuk bersilaturahmi. 

“Para elite ini harus selalu bertemu, baik Pak Jokowi, Ibu Megawati, Pak Prabowo, bertemu untuk untuk kemudian membicarakan persoalan-persoalan kebangsaan. Silaturahmi ini menjadi penting untuk menjaga stabilitas bangsa,” jelas dia.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X