ASEAN Desak Junta Militer Myanmar Terapkan 5 Konsesus Poin

- Kamis, 3 Februari 2022 | 12:39 WIB
Bendera ASEAN. (REUTERS Lim Huey Teng)
Bendera ASEAN. (REUTERS Lim Huey Teng)

Negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mendesak junta militer Myanmar untuk sepenuhnya menerapkan Konsensus Lima Poin yang disepakati dalam ASEAN Leaders Meeting di Jakarta pada 24 April 2021.

Mereka menyatakan keprihatinan yang mendalam atas laporan kekerasan yang terus berlanjut dan situasi kemanusiaan di Myanmar.

Untuk membantu penyelesaian krisis di Myanmar, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen melakukan kunjungan ke Myanmar.

Baca juga: Bella Shofie Dicibir Gegara Buka Hijab saat Berenang: Jilbab Jangan Jadikan Mainan

Negara-negara anggota ASEAN menggarisbawahi urgensi penghentian segera kekerasan di Myanmar.

“Semua pihak diminta untuk menahan diri sepenuhnya serta memastikan pengiriman bantuan kemanusiaan yang aman dan tepat waktu kepada mereka yang paling membutuhkan berdasarkan prinsip-prinsip kemanusiaan, netralitas, ketidakberpihakan dan kemerdekaan,” isi keterangan tertulis dari Sekretariat ASEAN di Jakarta melansir Antara, Kamis (3/2/2022).

Semua pihak diminta untuk mendorong kondisi yang kondusif dan dialog konstruktif untuk mencari solusi damai atas krisis.

Segera Kembalikan Situasi

ASEAN juga meminta semua pihak untuk segera mengembalikan situasi ke kondisi normal dan mencegah penderitaan berkepanjangan bagi rakyat Myanmar.

Untuk tujuan itu, ASEAN menyambut baik penunjukan PRAK Sokhonn sebagai Utusan Khusus Ketua ASEAN untuk Myanmar dan menyerukan kepada otoritas Myanmar untuk memfasilitasi misi Utusan Khusus Ketua ASEAN.

ASEAN menegaskan kembali komitmen dan kesiapan mereka untuk membantu Myanmar sesuai kehendak rakyat Myanmar berdasarkan Konsensus Lima Poin dan Piagam ASEAN.

Perdamaian dan rekonsiliasi nasional hanya dapat dicapai melalui solusi politik inklusif dengan melibatkan semua pihak terkait, kata ASEAN.

ASEAN menyambut baik dukungan berkelanjutan dari mitra eksternal terkait implementasi Konsensus Lima Poin.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X