75 Pegawai Tak Lolos TWK, Ketua KPK Klaim Belum Ada Pemecatan, Tunggu Kemenpan RB dan BKN

- Kamis, 6 Mei 2021 | 08:46 WIB
Konferensi pers KPK mengenai hasil TWK (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Konferensi pers KPK mengenai hasil TWK (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan sampai saat ini tidak ada pemecatan bagi 75 pegawainya yang tidak memenuhi syarat dalam tes wawasan kebangsaan (TWK).

Tes tersebut bagian dari proses peralihan pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Saya ingin katakan sampai hari ini KPK tidak pernah menegaskan dan menyampaikan ada proses pemecatan. KPK juga tidak pernah berbicara memberhentikan orang dengan tidak hormat, KPK juga tidak pernah berbicara tentang pegawai yang diberhentikan dengan hormat, tidak ada," ucap Firli saat jumpa pers, Rabu (5/5/2021).

Firli menegaskan bahwa lembaganya patuh pada UU sehingga belum ada niat memecat 75 pegawai KPK yang tidak lolos TWK.

Sementara itu, Sekjen KPK Cahya H Harefa mengatakan masih berkoordinasi dengan Kemenpan RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) soal nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos TWK tersebut.

Selama belum ada penjelasan dari Kemenpan RB dan BKN, ia mengatakan KPK tidak akan memberhentikan 75 pegawai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat tersebut.

"Perlu kami tegaskan bahwa KPK sampai saat ini tidak pernah menyatakan melakukan pemecatan terhadap pegawai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sampai dengan keputusan lebih lanjut sesuai dengan perundang-undangan terkait ASN," ujar Cahya.

Seperti diketahui, sebanyak 75 dari 1.351 pegawai KPK tidak lolos tes wawasan kebangsaan yang dilakukan BKN, dan dua pegawai tidak hadir wawancara.

Namun, KPK belum merinci nama-nama 75 pegawai KPK yang tidak lolos TWK tersebut. Sempat beredar kabar, penyidik senior Novel Baswedan menjadi salah satu yang akan dipecat karena tidak lolos TWK.

Soal yang diberikan dalam TWK tersebut juga menuai polemik karena menyortir pandangan keagamaan dan pendapat pribadi seseorang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X