Densus Fokus Buru Otak Kelompok Jamaah Islamiyah

- Jumat, 26 November 2021 | 07:58 WIB
Kabag Bantuan Operasi Densus 88 AT Polri Kombes Pol Aswin Siregar. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Kabag Bantuan Operasi Densus 88 AT Polri Kombes Pol Aswin Siregar. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri tengah memburu orang-orang penting dalam kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI). Hal ini dilakukan setelah polisi menangkap sejumlah orang yang berhubungan dengan organisasi terlarang ini. 

"Sekarang kami naik ke atas, ke bagian otak. Strategi, seperti pendanaan dan lainnya," kata Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Anti Teror Polri Kombes Pol Aswin Siregar, Jumat (26/11/2021).

Orang-orang yang dimaksud Aswin, adalah anggota JI yang memiliki peran sebagai penyusun rencana. Baik itu strategi aksi, atau pun perancang penjaringan dana. Selain itu, anggota-anggota JI yang memiliki peran strategis di kelompok itu juga tengah diburu Densus 88.

Terkait pendanaan kelompok teroris ini, Aswin menyebut kelompok ini memiliki strategi khusus untuk menjaring dana. Bahkan menurutnya, kelompok JI menerapkan strategi sangat halus yang sulit terdeteksi.

"Sehingga memang tidak kelihatan seperti itu (pendanaan terorisme). Padahal itu adalah bagian dari program atau strategi untuk meraih simpati masyarakat," kata Aswin.

Densus 88 menangkapi sejumlah orang yang diduga terkait dengan kelompok JI belakangan ini. Aswin mengatakan, pemburuan yang dilakukan oleh Densus telah dilakukan sejak lama, namun selama ini menyasar para pelaku lapangan.

"Kami sudah jauh dari tangan yang dulunya berlumuran lumpur dengan darah, yang bagian meledak-meledak, yang bagian menyerang-menyerang," kata Kombes Aswin.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X