Wagub DKI Beberkan Harga Sumur Resapan, Satu Lobang Bisa Capai Belasan Juta

- Kamis, 2 Desember 2021 | 15:02 WIB
Pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di kawasan Tebet, Jakarta. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj)
Pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di kawasan Tebet, Jakarta. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengungkap harga yang dikucurkan untuk membangun satu lobang sumur resapan. Ia menyebut ada dua jenis sumur resapan, yakni tipe buis beton dan tipe modular. 

Lantas berapakah biaya yang dikeluarkan untuk membangun satu lobang drainase vertikal tersebut? 

"Untuk buis beton harga berkisar di 13,2 juta tipe buis beton berlubang heavy duty, ini harga termahal Adhi Mix. Sedangkan untuk tipe Modular harga berkisar di 7,3 juta per meter kubik," kata Riza, Kamis (2/12/2021). 

Ia pun menjelaskan, total sumur resapan yang sudah terpasang hingga saat ini sebanyak 19.042 titik, yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Jumlah itu memiliki daya tampung air 37.369 meter kubik.

Baca juga: Anggaran Sumur Resapan Dihapus, Wagub DKI: Masih Banyak Program Banjir Lain

"Dan ini terus bertambah jumlahnya karena diharapkan target akhir sebanyak 26.932 titik atau 53.050 meter kubik," katanya menerangkan. 

DPRD DKI Jakarta memutuskan untuk mencoret permintaan anggaran drainase vertikal sebesar Rp330 miliar yang diusulakan Dinas Sumber Daya Air (SDA) pada penganggaran APBD 2022. 

Keputusan Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI tersebut dilakukan, karena di antaranya kerja sumur resapan belum signifikan dalam mengatasi banjir di Ibu Kota.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X