The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemprov DKI Jakarta Bantah Terlibat Pungli untuk Kremasi Jenazah Covid-19
Warga berdoa di dekat pusara keluarganya di area pemakaman khusus COVID-19 di TPU Rorotan (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)
News

Pemprov DKI Jakarta Bantah Terlibat Pungli untuk Kremasi Jenazah Covid-19

Ada keluhan dari warga.

Senin, 19 Juli 2021 09:51 WIB 19 Juli 2021, 09:51 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengakui adanya keluhan salah satu warga mengenai paket kremasi dengan biaya tinggi yang terjadi pada keluarganya pada Senin, (12/7/2021) lalu.

Berdasarkan penelusuran Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, dipastikan bahwa petugas Palang Hitam DKI Jakarta tak terlibat dalam pungutan liar atau pungli untuk proses kremasi jenazah Covid-19.

Menurutnya, Palang Hitam DKI hanya memberikan informasi kepada RS maupun pihak keluarga terkait lokasi kremasi swasta yang menerima jenazah Covid-19 di luar Jakarta, dan tak melakukan pengantaran jenazah ke luar kota.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Maaf Soal Pungli Pemakaman Jenazah Covid-19, Pelaku Langsung Dipecat

“Kami telah menelusuri bahwa pada tanggal 12 Juli 2021, petugas kami tidak ada yang mengantar jenazah kremasi ke luar Jakarta," ucap Kepala Distamhut DKI Jakarta, Suzi Marsitawati dalam keterangannya, Senin (19/7/2021).

"Jenazah yang dikremasi di Karawang dibawa sendiri oleh pihak keluarga. Petugas kami hanya menginformasikan bahwa krematorium di Jakarta tidak menerima kremasi jenazah COVID-19 dan yang dapat menerima adalah krematorium di luar Jakarta,” terangnya.

Untuk mencegah adanya calo dan korban berikutnya terhadap kremasi, Suzi mengimbau kepada Yayasan Kremasi agar bersurat ke RS terkait penjadwalan kremasi beserta tarifnya.

"Sehingga, tidak terjadi tawar-menawar di lapangan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab atau oknum yang merugikan masyarakat," tandas Suzi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Lanjar Wiratri
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US