Presiden Tanzania Dikecam Setelah Mengatakan Pesepakbola Wanita Punya Payudara Rata

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 09:26 WIB
Presiden Tanzania, Samia Suluhu Hassan. (REUTERS/Stringer)
Presiden Tanzania, Samia Suluhu Hassan. (REUTERS/Stringer)

Presiden Tanzania, Samia Suluhu Hassan dikecam setelah dia menggambarkan pesepakbola wanita negara itu memiliki payudara rata dan tidak punya kesempatan untuk menikah.

Dilansir dari BBC, Samia Suluhu Hassan membuat pernyataan itu saat menjamu tim sepakbola pria U-23 Tanzania di State House di kota pesisir Dar es Salaam.

Wanita berusia 61 tahun itu adalah kepala negara perempuan pertama di Tanzania.

Belum lama ini dia mengatakan kepada BBC bahwa beberapa orang meragukannya apakah dia bisa menjadi presiden karena jenis kelaminnya.

Baca juga : Presiden Tanzania Meninggal, Pemimpin Pertama yang Wafat saat Menjabat

Pernyataan Presiden Tanzania yang kontroversial itu pun menuai kecaman dari sejumlah pihak.

"Komentar presiden @SuluhuSamia tentang pesepakbola wanita merupakan penghinaan bagi semua wanita," kata Catherine Ruge, kepala sayap wanita dari partai oposisi Chadema dan mantan anggota parlemen, dikutip dari BBC.

Apa yang dikatakan oleh pemimpin negara tersebut membuat semua pihak terkejut dan tidak habis pikir.

Samia mengatakan bahwa sementara pesepakbola wanita membuat negara Afrika Timur bangga dengan memenangkan piala, beberapa tidak memiliki kesempatan untuk menikah karena penampilan mereka.

"Jika kita membawa mereka ke sini dan menjajarkannya, bagi mereka yang berdada rata, kamu mungkin mengira mereka laki-laki bukan perempuan," katanya.

Pada lain kesempatan dia juga pernah mengatakan bahwa olahragawan memiliki kehidupan yang sulit setelah karir mereka dan meminta pihak berwenang untuk memastikan mereka dirawat setelah pensiun.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X