Vladimir Putin Khawatir Taliban Bisa Menjadi 'ISIS Baru'

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 15:55 WIB
Vladimir Putin khawatir Taliban jadi ISIS baru. (REUTERS/Ibraheem al Omari)
Vladimir Putin khawatir Taliban jadi ISIS baru. (REUTERS/Ibraheem al Omari)

Vladimir Putin memperingatkan jutaan jihadis yang bisa menyelinap ke Rusia dari Afghanistan sebagai pengungsi khawatir akan melahirkan ISIS baru.

Presiden Rusia percaya bahwa teroris akan mencoba menggunakan pengungsi sebagai kedok untuk menyelinap ke negara-negara Asia Tengah yang berbatasan dengan Afghanistan.

"Siapa pengungsi ini? Bagaimana kami bisa tahu? Mungkin ada ribuan atau bahkan jutaan dari mereka," kata Putin, dikutip dari The Sun.

"Kami tidak ingin terulangnya apa yang terjadi di tahun 90-an dan awal 2000-an." kata presiden mengutip masalah keamanan masa lalu yang dimiliki Rusia dengan gerakan separatis di wilayah mayoritas Muslim Chechyna.

Diyakini Moskow akan mencoba untuk menjaga agar Taliban tetap berada di pihak mereka untuk menghentikan pengaruhnya menyebar ke negara-negara tetangga dan mendorong kelompok-kelompok Islam separatis.

Baca juga: Dikenal Sering Ejek Taliban, Pelawak Afghanistan Dieksekusi Mati Secara Brutal

Untuk menunjukkan niat baik, dan tidak seperti kebanyakan kedutaan asing di Kabul, Rusia tetap membuka misi diplomatiknya dan menawarkan kata-kata hangat untuk penguasa baru Afghanistan.

Utusan khusus Putin untuk Afghanistan, Zamir Kabulov, memuji Taliban dengan rapi menegakkan sisi perjanjian damai Doha.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X