Halangi Tugas Jurnalis, PFI Kecam Pengawal Menantu Jokowi yang Kini Jadi Wali Kota Medan

- Jumat, 16 April 2021 | 21:11 WIB
Kolase foto Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Presiden Joko Widodo (Antaranews)
Kolase foto Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Presiden Joko Widodo (Antaranews)

Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan mengecam tindakan pengusiran dan dugaan intimidasi terhadap dua jurnalis oleh pengawal Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution pada Rabu (14/4/2021). 

Pengusiran dan tindakan intimidasi ini dianggap sudah menciderai tugas jurnalis yang dilindungi oleh Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi menyesalkan tindakan intimidasi yang diduga dilakukan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), polisi serta Satpol PP itu. 

Menurut Rahmad, mereka sudah melanggar undang-undang pers karena sudah menghalangi tugas jurnalis.

“PFI Medan menyesalkan tindakan berlebihan dari pengamanan di Kantor Wali Kota Medan yang cenderung menghalangi kinerja para jurnalis,” ujar Rahmad melalui keterangan tertulis, Jumat (16/4/2021).

Rahmad mengatakan, tindakan pelarangan peliputan ini sudah mengangkangi semangat demokrasi. Apalagi di tengah era keterbukaan informasi publik.

Rahmad menilai tindakan ini sebagai bentuk arogansi. Peristiwa ini, kata Rahmad, harus menjadi catatan penting Bobby sebagai Wali Kota Medan.

“Jangan sampai, pengamanan yang terlalu berlebihan malah menimbulkan kesan Wali Kota Bobby alergi dengan media,” ujar Rahmad.

PFI Medan, kata Rahmad, juga mendukung proses hukum terhadap para pelaku intimidasi dan penghalangan tugas jurnalis agar peristiwa ini tidak terulang lagi.

“Kami mendorong Bobby Nasution untuk melakukan evaluasi terhadap tim pengamanan. Yang harus dipahami adalah jurnalis bukanlah musuh. Kami hanya menjalankan tugas untuk memenuhi kebutuhan informasi publik,” kata Rahmad.

Atas peristiwa ini, PFI Medan menyatakan sikap:

1.    Mengecam tindak arogansi aparat pengamanan Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution terhadap jurnalis

2.    Menuntut Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution melakukan evaluasi terhadap tim pengamanan

3.    Menuntut Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution meminta maaf secara terbuka kepada korban dan seluruh jurnalis di Kota Medan

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X