Daftar 10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia

- Rabu, 10 Juli 2019 | 16:15 WIB
Wikipedia
Wikipedia

Setiap orang ingin kuliah di kampus-kampus terbaik. Alasannya, karena mereka yakin bahwa kampus unggulan tersebut akan memberikan sistem pembelajaran yang berkualitas. Biasanya, yang diincar adalah perguruan tinggi negeri (PTN).

Untuk bisa tembus di kampus PTN terbaik tentu tidak mudah. Di Indonesia sendiri, ada tiga jalur yang bisa ditempuh yaitu seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan UMBPTN. Namun, tidak semua orang berkesempatan lulus di PTN impian mereka meskipun sudah berusaha semaksimal mungkin.

Tapi jangan berkecil hati. Pepatah bijak mengatakan, "selalu ada jalan menuju Roma". Walaupun tidak lulus di PTN, kamu bisa juga menimba ilmu di perguruan tinggi swasta (PTS). Toh, masih banyak universitas swasta yang menawarkan pembelajaran tak kalah berkualitas dari PTN.

Berikut ini daftar 10 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia:

1. Universitas Islam Indonesia

-
fit.uii.ac.id

Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi salah satu universitas swasta pertama di Indonesia dan favorit yang ada di kota Yogyakarta. Konon, kualitas UII ini sudah bisa disandingkan dengan universitas negeri semacam Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Perkembangan kampus ini pun semakin pesat, mulai dari infrastruktur, fasilitas, teknologi informasi, dan hubungan internasional dengan kampus-kampus di luar negeri.

Kampus UII memiliki beberapa fakultas, antara lain Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Agama Islam, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

2. Universitas Atma Jaya Jakarta

-
m.atmajaya.ac.id

Ini adalah universitas swasta terbaik kedua di Indonesia setelah UII. Program pendidikan sarjana di kampus ini tersebar di beberapa fakultas. Di antaranya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Teknobiologi.

3. Universitas Telkom

-
wikimapia.org

Selanjutnya ada di Bandung yaitu Universitas Telkom. Sebanyak 70 persen program studi di kampus ini sudah terakreditasi A. Kampus swasta terbaik di bidang informasi ini berdiri pada 31 Agustus 2013 ini merupakan gabungan dari empat perguruan tinggi, antara lain  Yayasan Pendidikan Telkom, Institut Pendidikan Telkom, Institut Manajemen Telkom, STISI Telkom, dan Politeknik Telkom.

Universitas Telkom menyediakan sejumlah program studi di beberapa fakultas, seperti Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Teknik Informatika, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, dan Fakultas Ilmu Terapan.

4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

-
atmajaya.ac.id

Universitas Atma Jaya Yogyakarta didirikan pada 27 September 1965 oleh Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta. Nama Atma Jaya diambil dari dua kata dalam bahasa Sanskerta yaitu Atma (jiwa) dan Jaya (unggul). Motto kampus ini adalah Serviens in Lumine Veritatis yang artinya melayani dalam cahaya kebenaran.

Adapun beberapa fakultas yang disediakan universitas swasta ini, antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknobiologi, Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

5. Universitas Katolik Parahyangan

-
unpar.ac.id

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menduduki peringkat kelima perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Rentang studi yang tersebar di Unpar dengan akreditas A meliputi Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ilmu Hukum, dan Fakultas Hukum.

6. Universitas Muhammadiyah Malang

-
umm.ac.id

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menawarkan beragam program studi di Fakultas Agama Islam, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Psikologi, Pertanian-Peternakan, Teknik, Kedokteran, dan Ilmu Kesehatan.

Universitas swasta yang berdiri pada 1964 ini memiliki misi untuk mencetak lulusan yang memiliki budi pekerti dan nilai-nilai keislaman. Di kampus ini, tersedia juga International Relation Officer (Kantor Hubungan Internasional) yang aktif dalam menyelenggarakan program pertukaran mahasiswa maupun tenaga pengajar.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X