Akibat Virus Corona, Kemenhub dan BUMN Batalkan Program Mudik Gratis 2020

- Senin, 23 Maret 2020 | 16:57 WIB
Calon penumpang melakukan pemesanan tiket kereta api untuk mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Calon penumpang melakukan pemesanan tiket kereta api untuk mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Kementerian Perhubungan resmi menghapus program mudik gratis pada masa angkutan Lebaran 2020. Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan status keadaan tertentu darurat bencana akibat virus corona (Covid-19).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, menyatakan program mudik gratis yang diadakan Kementerian Perhubungan, BUMN, hingga swasta akan ditiadakan. 

“Melihat kondisi penyebaran virus Covid-19 yang begitu masif belakangan ini, saya rasa ini keputusan yang tepat walau berat, mudik gratis akan dibatalkan. Oleh karena itu, saya harap masyarakat dapat mengerti dan mematuhi apa yang sedang dilakukan pemerintah. Saat ini kami juga aktif mendorong masyarakat untuk tidak mudik, meminimalisasi mobilisasi agar tidak memperluas kemungkinan penularan Covid-19,” kata Budi ketika dikonfirmasi Indozone, Senin (23/3/2020). 

-
Loket tiket kereta api (Instagram/@keretaapikita)

Budi mengatakan program mudik gratis dengan bus dan kapal penyeberangan juga bakal dihapus. Dia mengaku pihaknya bakal berganti fokus membantu pemerintah pusat maupun daerah dalam mengatasi penularan Covid-19. 

"Kita tahu dengan mudik, artinya ada arus orang banyak yang akan melakukan perjalanan. Ini tentu berbahaya dan beresiko tinggi jika tetap dilakukan,” tutur Budi. 

Dia pun mengharapkan peran masyarakat untuk tidak bepergian, apalagi melakukan mudik ketika libur Lebaran mendatang.

"Kami sampaikan kepada masyarakat yang sudah mendaftar mudik gratis, kami mohon maaf atas pembatalan ini. Saya imbau juga untuk masyarakat pada umumnya tidak melakukan perjalanan dulu hingga situasi kondusif," tuturnya. 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X