Jerman dan Slovakia Mulai Tarik Sebagian Pasukan dari Irak

- Selasa, 7 Januari 2020 | 23:52 WIB
Pemerintah Jerman memutuskan mengurangi pasukannya yang berada di Irak. Ilustrasi photo/REUTERS/Alkis Konstantinidis
Pemerintah Jerman memutuskan mengurangi pasukannya yang berada di Irak. Ilustrasi photo/REUTERS/Alkis Konstantinidis

Pemerintah Jerman dan Slovakia memutuskan untuk mengurangi jumlah pasukan mereka yang saat ini tengah berada di Irak, dan  memindahkan beberapa personel militernya dari Irak ke negara-negara tetangga karena masalah keamanan.

Pemerintah Jerman sebut keputusan itu diambil beberapa hari setelah pembunuhan seorang komandan militer Iran dalam serangan pesawat tak berawak AS.

Sementara Slovakia mengatakan pihaknya untuk sementara telah memindahkan tujuh tentaranya dari Irak, yang merupakan bagian dari misi pelatihan NATO, ketika ketegangan di kawasan itu meningkat.

Sekitar 30 dari 120 tentara Jerman di Irak yang sebagian besar melatih pasukan keamanan Irak akan dipekerjakan kembali ke Yordania dan Kuwait, pemerintah Jerman mengatakan kepada parlemen dalam sebuah surat pada Senin.

Parlemen Irak pada Minggu menyerukan agar Amerika Serikat dan pasukan asing lainnya pergi setelah jendral Iran yang paling terkenal, Qassem Soleimani, tewas pada Jumat dalam serangan pesawat tak berawak AS terhadap konvoi di bandara Baghdad.

Penarikan pasukan Jerman diperintahkan oleh komando gabungan pimpinan AS untuk memerangi kelompok militan ISIS, kata pemerintah Jerman. Ini akan berlaku terutama untuk pasukan di Baghdad dan Taji, sebuah kota di utara ibukota Irak di mana hampir 30 tentara Jerman ditugaskan.

Slovakia mengatakan telah memindahkan tujuh tentaranya dari Irak untuk sementara waktu.

"Mengingat situasi saat ini di Irak, yang telah menyebabkan penangguhan kegiatan misi pelatihan NATO, relokasi sementara tujuh tentara Slovakia di luar negara itu dilakukan sesuai dengan aturan keamanan," Perdana Menteri Peter Pellegrini mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X