Dua Kucing di Amerika Positif Virus Corona, Bagaimana dengan Hewan Peliharaan Lain?

- Kamis, 23 April 2020 | 12:16 WIB
Ilustrasi kucing terinfeksi virus corona (FREEPIK)
Ilustrasi kucing terinfeksi virus corona (FREEPIK)

Dua Kucing peliharaan di New York jadi kasus hewan peliharaan pertama di Amerika Serikat yang terinfeksi Covid-19. Meski begitu otoritas kesehatan AS menyatakan kasus tersebut tidak ada hubungannya terkait penyebaran virus dari hewan ke manusia. 

Dua kucing tersebut didapat dari dua daerah terpisah di New York. Setelah teridentifikasi positif Covid-19, kucing-kucing tersebut menderita penyakit pernapasan ringan dan diperkirakan akan sembuh total. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), kucing tersebut diduga terinfeksi dari orang-orang di lingkungan rumah. 

"Hewan-hewan peliharaan mungkin dapat terinfeksi. Namun hingga saat ini tidak ada bukti kalau virus ditularkan dari hewan ke manusia," kata Dr Anthony Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Disesase, sebagaimana dilansir Channel News Asia, Kamis (23/4/2020). 

-
Kucing bisa terinfeksi virus corona (Unsplash/ Alireza Attari)

CDC juga mengimbau agar pemilik hewan peliharaan tidak dibiarkan berinteraksi dengan orang atau hewan lain di luar rumah. Setidaknya, kucing harus dibiarkan dalam ruangan dan jika memiliki anjing setidaknya diikat dan diatur jaraknya sekira 1,8 meter dengan manusia. 

CDC mengatakan infeksi virus corona terkait dengan hewan jumlahnya sangat sedikit. Kebanyakan hewan yang terinfeksi diduga karena ada kontak erat dengan orang yang terindikasi Covid-19

Awal April 2020, sebuah penelitian telah menguji tingkat kemungkinan kucing terinfeksi virus corona. Hasil menunjukkan kucing bisa terinfeksi.

Kemudian berdasarkan penelitian yang dilakukan di Tiongkok pada Januari dan Februari, hewan peliharaan seperti anjing, babi dan bebek tidak mungkin bisa terinfeksi Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X