Begini Penampakan Virus Corona Jika Diperbesar Ribuan Kali

- Kamis, 19 Maret 2020 | 13:52 WIB
Ilustrasi virus corona. (Unsplash/CDC)
Ilustrasi virus corona. (Unsplash/CDC)

National Institutes of Health (NIH) mengungkapkan bentuk virus corona jika dilihat dari alat mikroskop berteknologi tinggi. Lalu, seseram apakah virus tersebut saat diperbesar?

Virus ini sendiri memang tidak bisa hanya dilihat dari mikroskop biasa. Bahkan, untuk bisa melihat virus tersebut para ilmuwan harus memperbesarnya hingga ribuan kali.

Para ilmuwan tersebut melakukan penelitian dengan mengambil sampel dari orang Amerika yang terinfeksi COVID-19. Bentuk virusnya mirip seperti virus SARS dengan bentuk mirip mahkota.

-
Penampakan virus corona (2019-nCoV) yang menyebabkan dari mikroskop elektron transmisi. (Dok. Institut Kesehatan Nasional)

Karena itulah virus baru ini dinamai virus corona yang artinya mahkota. Di bagian luarnya terdapat protein yang bentuknya seperti kumpulan paku yang menempel di suatu benda.

Dalam gambar yang ditangkap dari mikroskop, sel-sel tersebut tampak bisa menyerang sel lainnya.

Bentuknya benar-benar sangat kecil dan untuk bertahan hidup, virus itu harus mencari inang. Banyak yang menyebut penampakan virus ini menyeramkan.

-
Bentuk virus corona di mikroskop (Dok. NIAID-RML)

Hingga saat ini, para ilmuwan terus berupaya menemukan vaksin virus corona. Tiongkok juga sudah mengumumkan bahwa negaranya sudah menemukan vaksin virus corona dan siap untuk diproduksi massal.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X