Ini Pidato Lengkap Presiden Jokowi Soal Penanganan Virus Corona

- Minggu, 15 Maret 2020 | 21:33 WIB
Presiden Joko Widodo. (ANTARA/Hafidz Mubarak A)
Presiden Joko Widodo. (ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sejumlah arahan, terkait wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia, dalam keterangan yang disampaikan di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020).

Beberapa hal yang disampaikan oleh Presiden Jokowi antara lain, upaya penanganan yang dilakukan pemerintah, pembentukan gugus tugas, hingga stimulus dan dukungan anggaran untuk menghadapi situasi saat ini.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menginstruksikan beberapa hal kepada pemerintah daerah, terkait monitoring penyebaran virus corona sampai kepada antisipasi dan kesiapan rumah sakit di daerah.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga meminta masyarakat tetap tenang, tidak panik dan tetap produkti. Serta, bekerja, belajar dan ibadah dari rumah.

Berikut pidato lengkap Presiden Joko Widodo:

Bismillahhirrohmannirohim

Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh, Selamat siang, Salam sejahtera bagi kita semuanya, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan,

Bapak Ibu dan Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,

Sejak kita mengumumkan adanya kasus Covid-19 di awal bulan ini, saya telah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan dan kementerian terkait untuk meningkatkan langkah-langkah ekstra dalam menangani pandemik global Covid-19 ini. 

Kita melihat, beberapa negara yang mengalami penyebaran lebih awal dari kita, ada yang melakukan lock-down dengan segala konsekuensi yang menyertainya. Tetapi ada juga negara yang tidak melakukan lock-down, namun melakukan langkah dan kebijakan yang ketat untuk menghambat penyebaran Covid-19.

Pemerintah terus berkomunikasi dengan WHO dan mempergunakan Protokol Kesehatan WHO, serta berkonsultasi dengan para ahli kesehatan masyarakat dalam menangani penyebaran Covid-19 ini.

Pemerintah telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yang diketuai oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letjen TNI Doni Monardo. Gugus tugas ini telah bekerja secara efektif dengan mensinergikan kekuatan nasional, baik di pusat maupun di daerah, melibatkan ASN, TNI dan POLRI, serta melibatkan dukungan dari swasta, lembaga sosial dan perguruan tinggi.

Sebagai negara besar dan negara kepulauan, tingkat penyebaran Covid-19 ini derajadnya bervariasi antar daerah. Oleh karena itu, saya minta kepada seluruh Gubernur dan Bupati serta Walikota, untuk terus memonitor kondisi daerah dan terus berkonsultasi dengan pakar medis dalam menelaah situasi. Kemudian, terus berkonsultansi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk menentukan status daerahnya siaga darurat ataukah tanggap darurat bencana non-alam.

Berdasarkan status kedaruratan daerah tersebut, jajaran Pemerintah Daerah dibantu jajaran TNI dan POLRI serta dukungan dari pemerintah pusat untuk terus melakukan langkah-langkah yang efektif dan efisien dalam menangani penyebaran dan dampak Covid-19.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X